FTI Selenggarakan Sosialisasi SISTER

  • Rabu 21 Maret 2018 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1256
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN - Saat ini dukungan teknologi dan sistem informasi merupakan tuntutan bagi pemerintah dan Aparatur Sipil Negara dalam memberikan pelayanan maksimal. Tuntutan yang sama juga dihadapi oleh perguruan tinggi. Untuk itu Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi mengembangkan Sistem Informasi Sumber Daya Terintergrasi (SISTER) untuk memberikan layanan bagi para dosen.

Kepala UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)  UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY), Ir. Bagus Wiyono, M.T. mengatakan SISTER memberikan kemudahan bagi dosen untuk menghitung beban kinerja dosen (BKD), sertifikasi dosen (Serdos), penilaian angka kredit (PAK), dan lainnya secara terintegrasi.

“Selain memberikan kemudahan bagi para dosen, aplikasi ini untuk pemuktahiran data secara detail,” kata Bagus saat sosialisasi SISTER kepada para dosen, di Ruang Laboratorium Organisasi Internasional, FISIP, Kampus UPNVY Tambakbayan, Selasa (20/3/2018).

Menyinggung strategi penyiapan SISTER agar sukses, dosen Jurusan Teknik Pertambangan tersebut menjelaskan, perguruan tinggi harus melakukan install aplikasi SISTER, pemutakhiran data dosen, dan pengisian portofolio dosen.

“Pemutakhiran data dosen dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan Maret 2018, dan melakukan pengisian portofolio dosen yang dilakukan pada bulan Maret sampai dengan Mei 2018”, terangnya.

Terkait dengan manfaat data,  Bagus mengatakan dosen data dapat memberikan kepastian, kemudahan, dan transparansi data. Sedangkan bagi perguruan tinggi, bermanfaat sebagai data yang terorganisasi, tidak perlu membangun aplikasi sendiri dan lebih dapat dikelola.

Dengan data ini Kemristekdikti dapat memenuhi target perencanaan, kapasitas manajemen meningkat, pemetaan kompetensi sumber daya manusia lebih tajam, dan tersedianya indikator mutu yang lebih akurat.

Selain itu, dengan data yang ada dapat tersedia data berbasis aktivitas lengkap, kualitas data pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) meningkat, dan pemutakhiran data sumber daya terjamin.

Panduan dosen dan kepegawaian untuk bisa mengakses aplikasi SISTER silahkan meng-unduh panduan penggunaan berikut ini :

Panduan Penggunaan SISTER : https://goo.gl/wTMSTu 

(BMW-fti)