Gagal SNMPTN, Yuk Daftar SBMPTN

  • Kamis 19 April 2018 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1371
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN - Gagal SNMPTN tidak perlu cemas, karena masih ada dua jalur penerimaan PTN lainnya, yakni Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri dari PTN terkait.

SBMPTN ini merupakan seleksi masuk PTN yang selama ini dikenal secara umum, yakni menggunakan nilai ujian tertulis yang diselenggarakan serentak oleh semua PTN. Di SBMPTN, variabel nilai semasa SMA tidak diperhitungkan, yang diperhitungkan adalah nilai dari hasil ujian tulis masuk PTN di hari-H seleksi.

Sedangkan Seleksi Mandiri yaitu seleksi masuk PTN yang dilaksanakan dan diawasi oleh PTN bersangkutan, bukan panitia pusat.

UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) masih menunggu para peserta yang ingin mendaftarakan melalui jalur SBMPTN dan Seleksi Mandiri.

Tahun ini UPNVY memiliki daya tampung sebanyak 3.035 calon mahasiswa S1 dan 80 calon mahasiswa D3. Sebanyak 911 kursi dialokasikan melalui jalur SNMPTN. Sisanya yaitu sebanyak 1.214 kursi untuk SBMPTN dan 911 kursi dialokasikan untuk Seleksi Mandiri.

Pendaftaran SBMPTN 2018 berupa ujian tulis berbasis cetak (UTBC) dan ujian tulis berbasis computer dilakukan melalui online di laman resmi https://pendaftaran.sbmptn.ac.id.

Tahap pertama pilih Menu A untuk mendapatkan KAP, PIN, dan Kode Pembayaran. Kemudian peserta mengisi nama lengkap sesuai ijazah. Pengisian harap dilakukan secara hati-hati dan cermat karena jika terjadi kesalahan proses tidak dapat diubah atau diperbaiki.

Setelah diisi dengan benar, tekan tombol “Daftar”. Jangan lupa untuk menyimpan slip pembayaran yang sudah diterima.

Langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran melalui bank. Peserta diberi batas waktu 3x24 jam tehitung sejak slip pembayaran diterima. Biaya pendaftaran SBMPTN sebesar Rp200.000.

Setelah membayar, kemudian peserta harus mengakses https://pendaftaran.sbmptn.ac.id dan pilih Menu B. Masukkan KAP dan PIN yang sudah diterima, dengan prosedur sebagai berikut.

  • Upload Pasfoto, sesuai persyaratan berukuran 4 cm x 6 cm dengan resolusi minimal 400 pixel x 600 pixel (kurang lebih 250 dpi) dalam format JPG atau PNG. Ukuran file pasfoto tidak boleh lebih dari 100 KB.
  • Jika pasfoto sudah memenuhi persyaratan pendaftaran SBMPTN 2018 maka kemudian klik Simpan.
  • Lalu, isi Form Biodata dengan data yang sebenar-benarnya kemudian klik tombol Simpan.
  • Calon peserta kemudian mengisi Form Pendidikan dengan data yang sebenar-benarnya lalu klik Simpan.
  • Langkah berikutnya, siswa mengisi Form Pilihan Prodi dan Lokasi Ujian, kemudian klik tombol Simpan. Tahapannya sebagai berikut: (a) pilih tempat Anda mengikuti ujian; (b) pilih PTN dan Program studi yang dituju pada pilihan 1; (c) pilih PTN dan Program studi yang dituju pada pilihan 2; (d) pilih PTN dan Program studi yang dituju pada pilihan 3.

Tahap selanjutnya, peserta akan mengikuti ujian tulis UTBC atau UTBK yang dilaksanakan pada 8 Mei 2018. Peserta juga diwajibkan mengikuti ujian keterampilan yang dilaksanakan pada 9 dan 11 Mei 2018. Hasil ujian akan diumumkan pada Selasa, 3 Juli 2018, mulai pukul 17.00 dan dapat diakses di laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id.

(wwj/humas)