Kembangkan Proses Pembelajaran Online, UPNVY Studi Banding ke UNY

  • Senin 26 Maret 2018 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1159
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN - Teknologi komunikasi dan informasi (TIK) tak henti-hentinya terus dan terus mengalami perkembangan pesat, termasuk dalam bidang pendidikan dan pembelajaran. Sebagai salah satu fakultas yang berkeinginan untuk mempelopori pelaksanaan perkuliahan secara online Fakultas Teknik Industri (FTI) UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY), Kamis (15/3) melaksanakan studi banding ke Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT-UNY).

Menurut Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Perencanaan, dan Kerja Sama (KPKS) FTI UPNVY Ir. Mahreni, M.T., Ph.D., pelaksanaan studi banding ini  dimaksudkan untuk mendapatkan informasi teknis dan proses pelaksanaan pembelajaran secara online.

“FTI ingin mengawali pelaksanaan proses pembelajaran secara online di UPN. Pembelajaran melalui online ini agar dapat berlangsung lebih mudah, efektif dan efisien”, terangnya.

Pembelajaran online dibangun agar pembelajaran dapat dilakukan secara jarak jauh. Tidak seperti pembelajaran konvensional, Pembelajaran online  dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja selama terdapat koneksi internet. Dapat dikatakan bahwa pembelajaran online  merupakan pembelajaran yang tidak dibatasi ruang dan waktu.

“Ke depan, diharapkan pelaksanaan pembelajaran dapat dilaksanakan secara online, sehingga proses pembelajaran dapat diikuti oleh mahassiswa se Indonesia tanpa harus tatap muka dengan dosen secara langsung,” harapnya.

Terkait sarana prasarana yang diperlukan dalam pelaksanaan pembelajaran secara online, menurut Dosen Jurusan Teknik Kimia tersebut, server yang terstandar dan ruangan teleconference harus tersedia dengan baik. Sedangkan dari sisi kurikulum, UPNVY harus menyiapkan mata kuliah yang dirancang untuk pelaksanaan perkuliahan secara online dalam bentuk multi media yang bersifat variatif, sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh mahasiswa yang mengikuti perkuliahan secara online. (BMW-fti)