Mahasiswa UPNYK Luncurkan Aplikasi E-Commerce dengan Tema Seni dan Budaya

  • Kamis 21 Desember 2023 , 02:11
  • Oleh : Admin
  • 3070
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
Fadhil Wicaksono (paling kiri) bersama timnya saat launching Lukita. Sumber: Fadhil

INFOUPNYK - Mahasiswa Program Studi Informatika, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNYK), Fadhil Wicaksono Nur Rahman dan timnya meluncurkan aplikasi Lukita, pada hari Sabtu (16/12/2023) di Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM). Lukita sendiri adalah perangkat lunak mobile e-commerce di android dengan tema seni dan budaya.

Fadhil mengungkapkan, Lukita App berangkat dari keresahan timnya tentang fakta bahwa masih banyak masyarakat umum yang belum bisa memahami dan menikmati karya seni secara menyeluruh. Hal tersebut yang menjadi alasan ia dan timnya melihat peluang menarik.

"Mereka (masyarakat) mungkin melihat sebuah lukisan, tetapi tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi di balik kanvas itu. Bagaimana kisahnya, apa aliran seni yang digunakan, dan apa pesan yang ingin disampaikan oleh seniman? Untuk menjawab tantangan ini, Lukita lahir yang memiliki tujuan sederhana, yaitu mengenalkan seni kepada semua orang dengan cara yang lebih dekat dan mudah dimengerti," dilansir dari rilisnya (16/12/2023).

Saat peluncurannya, Lukita sedang dalam tahap review oleh Google. Harapannya setelah aplikasi ini bisa diunduh melalui Play Store, target dari aplikasi ini bisa percaya dan mulai menggunakan aplikasi ini untuk membantu karya seninya.

"Saya berharap pencapaian ini dapat membawa kredibilitas dan kualitas yang tinggi terkait aplikasinya (Lukita)," tambah Fadhil.

Fadhil bersama timnya yang terdiri dari mahasiswa Universitas Gadjah Mada dan Undiksha Bali, berhasil mengembangkan aplikasi ini pada program Bangkit Academy 2023 Batch 1. Mereka mengambil project dengan jenis Product-Based di dalam Capstone Project dan berhasil menggabungkan tiga jenis teknologi, yaitu Machine Learning, Cloud Computing, dan Mobile Development, untuk menciptakan aplikasi bernama Lukita App dengan tema seni dan budaya.

Lukita terpilih menjadi salah satu proyek pada program Bangkit Academy 2023 Batch 1 dan berhasil meraih dana inkubasi sebesar USD 10.000 untuk pengembangan perangkat lunak. Program Bangkit Academy sendiri adalah program yang diselenggarakan dengan dukungan Google Indonesia, GoTo, Traveloka, dan Kemdikbudristek sebagai bagian dari MSIB Kampus Merdeka (31/07/2023).

Program Bangkit Academy Batch 1 ini diikuti oleh total 56000 mahasiswa dari seluruh perguran tinggi, hingga menyisakan 3000 peserta melalui tahap seleksi yang ketat. Sisa peserta inilah yang membentuk 787 tim yang masing-masing memiliki tantangan Capstone Project.

Lukita App, sebuah platform e-commerce yang menghubungkan seniman dan penyuka seni, meraih peringkat top-20 dari 787 tim yang berpartisipasi pada Bangkit Academy 2023 Batch 1. Prestasi tersebut tidak hanya membawa kebanggaan bagi nama UPNYK, namun juga mengantarkan Fadhil dan timnya memperoleh dana inkubasi sebesar USD 10.000.

Fadhil menyatakan alasan keikutsertaannya dalam Bangkit Academy bahwa ia menilai program Bangkit Academy ini merupakan ajang yang sangat bergengsi, mengingat program ini merupakan bagian dari MSIB dan juga didukung oleh korporasi raksasa di bidang teknologi.

"Program ini sangat prestisius karena melibatkan perusahaan-perusahaan ternama seperti Google, GoTo, dan Traveloka," ujarnya saat wawancara secara daring (16/12/2023).

Prestasi Fadhil Wicaksono Nur Rahman dan timnya bukan hanya sekadar keberhasilan pribadi, tetapi juga menjadi inspirasi bagi mahasiswa UPNVYK dan seluruh komunitas akademis terutama yang berkaitan dengan dunia teknologi.

"Semoga teman-teman UPN terutama di jurusan informatika berminat untuk mengikuti program Bangkit karena dapat meningkatkan skillls baik softskill maupun hardskill para mahasiswa. Harapannya setelah meraih kesuksesan ini, yakni menjadi seorang yang memiliki kualitas dan kredibilitas di dunia teknologi, terutama di bidang Machine Learning," pungkas Fadhil.

Wakil Rektor Bidang Akademik UPNYK, Dr. Ir. Suharsono, M .T., menyampaikan apresiasi atas pencapaian gemilang ini dan berharap agar prestasi tersebut dapat memotivasi mahasiswa lain untuk mengikuti jejak yang sama, serta turut memajukan dunia teknologi di Indonesia.

"Ini pencapaian luar biasa tentunya dan menyatakan harapannya agar prestasi yang telah diraih dapat menjadi sumber motivasi bagi mahasiswa-mahasiswa lainnya untuk mengikuti jejak kesuksesan serupa. Selain itu, diharapkan bahwa prestasi ini juga akan berperan dalam mengokohkan posisi Indonesia dalam ranah teknologi, membawa dampak positif terhadap perkembangan industri teknologi di negara ini," pungkas Wakil Rektor.

Penulis: Dimas Siradje