TAEKWONDO UPNV YK BORONG MEDALI DI MENPORA TAEKWONDO CHAMPIONSHIP 2022

  • Rabu 30 November 2022 , 03:07 PM
  • Oleh : Dewi
  • 313
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman - Tim Taekwondo UPN 'Veteran' Yogyakarta (UPNV YK) memborong medali pada Menpora Taekwondo Championship Tahun 2022. Dalam gelaran yang berlangsung di GOR Amongrogo Yogyakarta pada 12-13 November 2022 ini, perwakilan UPNV YK meraih 14 medali dari berbagai kategori.

Medali tersebut terdiri dari lima medali emas, lima perak, dan empat perunggu. Pada kejuaraan ini, Dojang UPNV YK menurunkan 16 atlet untuk dua kategori. Ada delapan atlet yang masuk kategori Kyorugi (Tarung) dengan dua kelas yang berbeda yaitu Pemula dan Prestasi. Sementara enam atlet lainnya masuk dalam kategori Poomsae (seni jurus) dengan kelas Pemula dan Prestasi.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dan Kerjasama, Dr. Ir. Singgih Saptono, M.T merasa bangga dan mengapresiasi prestasi atlet taekwondo UPNVY. Raihan ini menjadi penanda sejarah apabila keluarga besar UPNV YK tidak hanya berprestasi dalam bidang akademik, namun juga olahraga.

"Prestasi ini menjadi kebanggan keluarga besar UPNV YK. Tetap semangat berlatih untuk kejuaraan-kejuaraan kedepannya, yang perlu diingat, selain untuk kejuaraan, taekwondo menjadi cara untuk tetap sehat secara raga dan jiwa," kata Singgih.

Sebelum bertanding pada Menpora Taekwondo Championship, para atlet sudah latihan secara intensif selama dua bulan. Pembina Taekwondo UPNY YK, Prijoto, mengungkapkan bulan pertama berupa latihan fisik. Sementara latihan bulan kedua fokus pada teknik.

"Hasil yang memuaskan. Hal ini juga memperlihatkan apabila kerja keras merupakan cara untuk meraih kesuksesan. Selamat bagi para peraih medali. Bagi yang belum berkesempatan mendapatkannya, jangan putus asa. Terus berlatih dan tampil total di kejuaraan berikutnya," ucapnya.

Prijoto mengingatkan para atlet untuk bersikap seperti cita-cita pendirian taekwondo UPNV YK. Para altet perlu memiliki pendirian yang teguh, bersikap dewasa dalam pemikiran, dan pantang menyerah.

Selama berlatih, para atlet taekwondo mendapat pendampingan dari pelatih Sabeum Johny Effendy dan Sabeum Dian Hardianto SP. Sabeum Johny merupakan alumni UPNV YK dan mantan atlet PON DIY 2004. Sementara Sabeum Dian merupakan alumni UPNV YK dan juga Unit Kegiatan Mahasiswa taekwondo UPNV YK. 

Sebagai informasi, atlet UKM Taekwondo UPNV YK tidak hanya berasal dari mahasiswa dan mahasiswi UPNV YK. Namun atlet dari luar UPNV YK juga bisa turut bergabung dan berlatih. Hal ini sebagai cara UPNV YK mengembangkan bakat para atlet Indonesia.

Adapun rincian perolehan medali emas berasal dari Atarika (Ekonomi Pembangunan 2022/Kyorugi Senior Prestasi Putri), Chaeruddin Tito Nurrasyid (Hubungan Internasional 2019/Kyorugi Senior Pemula Putra), Bidicoft Johari (Teknik Pertambangan 2020/Kyorugi Senior Pemula Putra), Aulia Pratiwi (Teknik Metalurgi 2022/Kyorugi Senior Pemula Putri), dan Fadilla Rizki Handayani (Agribisnis 2020/Senior Pemula Poomsae Putri). (*)

Untuk lima medali perak dipersembahkan oleh Ahmad Aldi Ristony (Akuntansi 2021/Senior Prestasi Poomsae Perseorangan dan Pair Putra), Talitha Septiarifany Muninggar (Hubungan Masyarakat 2022/Poomsae Prestasi Perseorangan dan Pair), Fatma Yustiani (Teknik Lingkungan 2019/Kyorugi Senior Pemula Putri), Sari Rihwayanti (Manajemen 2021/Kyorugi Senior Pemula Putri), dan Aqilla Syazwina Putri Effendy (Kelas 4 SD Muhammadiyah Jogokaryan /Kyorugi Pra Cadet C Prestasi).

Sedangkan medali perunggu dipersembahkan oleh Dhanny Apriyanto (Hubungan Internasional 2022/Poomsae Prestasi Perseorangan dan Pair), Beaty Mulyani Administrasi Bisnis 2022/ Poomsae Prestasi Perseorangan dan Pair), Themis Tsabita Althaf (Teknik Pertambangan 2022/Kyorugi Senior Prestasi Putri) dan Brelianto Wiro Wicaksono (Akuntansi Kelas X SMK N 1 Yogyakarta/Kyorugi Cadet Prestasi Putra).

Previous Next