Tim Pengabdian Masyarakat UPNYK Dorong Masyarakat Kelola Sampah

  • Kamis 19 Oktober 2023 , 11:07
  • Oleh : Dewi
  • 990
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
Warga Dusun Jambon mengikuti program pembekalan pengolahan sampah. Sumber: Istimewa

INFOUPNYK-Keberadaan sampah jika tidak dikelola dengan baik bakal menimbulkan persoalan serius ditengah masyarakat. Mulai pencemaran lingkungan, khususnya air, tanah dan udara.

Kondisi tersebut menganggu kesehatan manusia. Diperlukan gerakan nyata ditengah masyarakat agar potensi pencemaran lingkungan bisa ditanggulangi.

Dengan pertimbangan tersebut, Tim Pengabdian Masyarakat LPPM UPN “Veteran” Yogyakarta terdiri dosen Fakultas Pertanian yakni Dyah Arbiwati, Abdul Rizal AZ, dan Ali Hasyim Al Rosyid serta Indah Kartika Sandhi, dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, melaksanakan penyuluhan.

Program tersebut melibatkan anggota KWT Cabe Rawit di Dusun Jambon Kelurahan Bawuran Pleret Bantul Bantul, bulan Mei - Oktober 2023. Peserta penyuluhan diberikan materi tentang pengelolaan sampah rumah tangga untuk oembuatan Eco Enzyme dan POC Dalam Mendukung Zero Waste.

Abdul Rizal AZ, Rabu (18/10/2023) mengatakan, metode pengelolaan sampah di Dusun Jambon masih dengan mengumpulkan, mengangkut, dan membuang.

Artinya cara tersebut hanya memindahkan sampah dari satu daerah ke lokasi tertentu (TPA). Menurutnya, pemindahan sampah seperti ini sama dengan pemindahan masalah.

Sedang Dyah Arbiwati menambahkan, Ibu rumah tangga berperanan penting dalam mengelola sampah rumah tangga. Diiawali dari dalam rumah untuk memilah sampah organik dan anorganik.

Sampah organik dapat dimanfaatkan sebagai kompos, pupuk organik cair dan sampah organik yang masih segar dapat dibuat eco enzyme. (*)

Berita ini dapat diakses di laman berikut:
Pengmas LPPM UPN Veteran Yogya Dorong Masyarakat Kelola Sampah