UPN "VETERAN" YOGYAKARTA IMPLEMENTASIKAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA MELALUI PROGRAM RELAWAN PAJAK

  • 17 June 2021 , 07:56 AM
  • Oleh : Dewi Sukarelawati
  • 305
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN, YOGYAKARTA - Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNVY) menandatangi Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia (RI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), di Hotel Harper Mangkubumi, Yogyakarta, Selasa (15/6/2021).

 

Penandatanganan PKS dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UPNVY ini merupakan tindak lanjut dan implementasi dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbudristek RI dan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) sebelumnya antara pihak UPNVY dengan Kanwil DJP DIY.

 

Dr. Ir. Singgih Saptono, MT. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UPNVY mengungkapkan, melalui kerja sama ini mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman empirik atau mengalami langsung proses pengelolaan pajak. Melaui MBKM, kegiatan ini akan dikonversikan ke dalam Satuan Kredit Semester (SKS) mahasiswa.

 

"Sementara itu, Kanwil DJP DIY bisa memanfaatkan tenaga mahasiswa untuk mencapai target-target pajak dari pemerintah yang harus dipenuhinya," ujarnya.

 

Dr. Drs Sujatmika, M.Si. selaku Dekan FEB UPNVY mengharapkan Program MBKM ini bisa menambah kemampuan soft skills mahasiswa selain kemampuan hard skillsnya. Jadi, mahasiswa tidak hanya dibekali teori saja, namun juga dengan pengalaman praktik langsung di lapangan atau industri.

 

"Program MBKM dari Mas Menteri ini meliputi 8 jenis kegiatan, khusus di UPNVY ada 9 karena ditambah dengan kemampuan Bela Negara," katanya.

 

Dr. Zuhrotun, SE., M.Si., Ak., CRP. selaku Korprodi Akuntasi FEB UPNVY mengatakan, PKS ini bertujuan menyinergikan antara Kurikulum MBKM di Kampus UPNVY dengan Program Relawan Pajak dari Kanwil DJP DIY.

 

"Kami memberikan kesempatan kepada mahasiswa minimal semester 3 untuk kuliah di luar kampus UPNVY. Ini ekuivalen atau setara dengan 20 SKS. Yaitu dengan mengikuti Program Relawan Pajak di KPP yang ada di wilayah Kanwil DJP DIY," katanya.

 

Melalui program ini, kata Zuhrotun, mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk terjun langsung di dunia praktik, terutama yang berhubungan dengan edukasi perpajakan kepada masyarakat.

 

Drs. Yoyok Satiotomo, M.A. selaku Kepala Kanwil DJP Kemenkeu RI DIY menuturkan, kegiatan ini bisa menjadi salah satu implementasi dari Bela Negara bagi mahasiswa UPNVY. Karena, taat membayar pajak adalah salah satu dari perwujudan semangat dan Jati Diri Bela Negara.

 

"Ada 200 mahasiswa dari Prodi Akuntansi FEB UPNVY yang akan disebar di lima Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di wilayah kerja Kanwil DJP DIY," ungkapnya.

 

UPNVY Implementasikan MBKM Melalui Program Relawan Pajak • Radar Jogja (jawapos.com)

Previous Next