UPN Veteran Yogyakarta Kolaborasi Gandeng Sputnik Wujudkan Kampus merdeka belajar

  • Kamis 16 Maret 2023 , 07:27
  • Oleh : Dewi
  • 1450
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Yogyakarta_Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNV YK) menjalin kerja sama dengan Kantor Berita Rusia Sputnik ditandai dengan Memorandum of  Understanding (MoU) yang dilakukan oleh Prof. Dr. Mohamad Irhas Effendi, MS selaku Rektor UPN Veteran Yogyakarta dan Vasily Pushkov  selaku Direktur Korporasi Internasional Sputnik Internasional News Agency dan Radio Broadcaster, Rossiya Segodnya Media Group, Rabu (15/3/2023) di kediaman di Kedutaan Besar Rusia di Indonesia.

Prof. Dr. Mohamad Irhas Effendi, MS selaku Rektor UPN Veteran Yogyakarta menyampaikan kerjasama ini merupakan perwujudan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta bisa belajar di kantor berita Rusia Sputnik tentang pemberitaan.

Ia menambahkan kerjasama ini bisa diwujudkan dalam kegiatan seperti kuliah untuk mahasiswa ataupun peliputan bersama yang memperkenalkan budaya masing-masing negara. Kegiatan semacam ini merupakan bentuk diplomasi kedua negara melalui budaya. Sputnik merupakan kantor berita besar yang tentunya bisa membagikan pengalamannya kepada mahasiswa. Perkembangan teknologi informasi sudah merubah pola kehidupan masyarakat. Praktik jurnalistik tidak seperti dulu lagi. Model bisnisnya juga telah berubah. Akademisi harus update tentang perkembangan jurnalistik saat ini." kata Rektor UPN Veteran Yogyakarta.

 “Saya berharap link antara Perguruan Tinggi dengan dunia industry semakin terjalin dengan baik”. terang Rektor.

Vasily Pushkov selaku Direktur Korporasi Internasional Sputnik Internasional News Agency dan Radio Broadcaster, Rossiya Segodnya Media Group Indonesia menyampaikan Indonesia merupakan negara yang berkembang sangat pesat. Tren positif ini mendorong Kantor Berita Sputnik Rusia untuk membuka kantor cabangnya di Indonesia.

Puskhov menambahkan, dalam waktu yang akan datang Sputnik juga akan bekerjasama dengan media maupun universitas lain di Indonesia.

 "Tentunya untuk merealisasikan rencana ini tidak bisa dalam waktu singkat. "Kami harus mengurus ijinnya kepemerintah dan itu tidak cepat," ujar Pushkov.

Dalam penandatanganan yang juga dihadiri oleh Veronika Novoseltseva selaku Deputy Chief of Mission Kedutaan Rusia juga menyampaikan dukungannya atas kerja sama antara UPNV YK dengan Sputnik, karena berperan penting untuk mengimbangi propaganda AS. Selama ini media massa dan masyarakat Indonesia lebih banyak mendapat informasi dari negara-negar Barat. Padahal Indonesia dan Rusia punya hubungan yg sangat baik sejak presiden Sukarno.

Dekan Fisip UPN Veteran Machya Astuti Dewi juga menambahkan bahwa MOU ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

"Sebelumnya kami sudah mengadakan kuliah umum dengan pembicara Mr. Pushkov dari Sputmik. Untuk menguatkan kerjasama ini maka kita lakukan penandatangan MOU", tambah Machya.*