UPNVY Terapkan Pemeriksaan Berlapis untuk Peserta UTBK SNBT 2023

  • Kamis 11 Mei 2023 , 11:19
  • Oleh : Dewi
  • 1956
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sebanyak 4.229 orang mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) di Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' Yogyakarta (UPNVY). Di tahun ini UPNVY siapkan pemeriksaan berlapis pada peserta ujian.

"Tidak ada kendala yang berarti. Kita belajar di tahun sebelumnya. Alat pendetektor sudah kita ganti dengan sinyal yang lebih sensitif untuk medeteksi peserta agar tidak membawa peralatan yang secara tata tertib tidak diizinkan dibawa masuk keruang test,” ujar Rektor UPNVY M. Irhas Effendi, di sela ujian, Senin (8/5/2023).

"Kami mengubah pola yang dulu tasnya ada di luar ruang sekarang harus dititipkan di tempat penitipan. Hal ini supaya tidak ada kecenderungan peserta mengambil peralatan yang berpotensi melakukan kecurangan," tegasnya.

UPNVY juga berlakukan 3 skema penerimaan mahasiswa yaitu UTBK, undangan siswa berprestasi, dan seleksi bela negara. Khusus untuk skema seleksi bela negara, peserta menjalankan tes tulis tentang nilai-nilai bela negara dan juga esai serta wawancara khusus. Seleksi bela negara ini juga biasa dikenal dengan jalur mandiri.

“Karena kami diamanatkan tidak hanya mendidik orang yang punya kapabilitas keilmuan, tapi juga karakter bela negara pun harus kuat sehingga kami melakukan tes tertulis, esai bela negara dan wawancara melalui itu kita bisa melihat ekspresi serta karakter belanegaranya,” ucap Irhas.

Pengamanan berlapis ini menjadi salah satu upaya pencegahan kecurangan. Tim Monev SNPMB, Ismaini Zain menyampaikan pengamanan di UPNVY menjadi yang unik.

“Di ruang ujian hanya membawa yang diperlukan seperti membawa alat tulis, kalau tadi saya lihat diruangan juga sudah ada alat tulis dan kertas buram yang bisa buat coret-coret, sehingga pengamanannya menurut saya sudah berlapis,” ucapnya.

“Kalau kemaren (tahun lalu) pada saat sudah berjalan dengan baik, lalu menemukan sesuatu itu bukan berarti kelalaian. Tetapi bagus warning kepada seluruh peserta untuk jangan melakukan seperti hal seperti itu,” pesan Ismaini.

Sebelumnya UPNVY siapkan 11 ruang dengan kapasitas sejumlah 7,420 orang. Ada sejumlah sesi yang dilangsungkan selama UTBK SNBT berlangsung di 2 gedung kampus UPNVY.

Proses pelaksanaan ujian dalam sehari terbagi jadi 2 sesi dimulai pada pukul 06, 45 WIB, dan sesi kedua pukul 12.30 WIB. UPNVY mengadakan ujian dalam 2 Gelombang, yaitu tanggal 8-14 Mei, dan 22-23 Mei WIB