DETAIL INFORMASI
Hubungan Internasional

Website Program Studi Hubungan Internasional http://hiupn.com

Gambaran Umum

Program Studi (Prodi) Ilmu Hubungan Internasional FISIP  UPN “Veteran” Yogyakarta didirikan pada tanggal 6 September 1993. Pada awal pendiriannya, kegiatan belajar mengajar diselenggarakan di bawah pembinaan Prodi Ilmu Hubungan Internasional FISIPOL UGM Yogyakarta.

Berdasarkan SK Mendikbud Nomor: 020/D/01995 tanggal 27 Februari 1995 prodi Ilmu Hubungan Internasional memperoleh status terdaftar. Saat ini, Prodi Ilmu Hubungan Internasional  terakreditasi dengan nilai B berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 053/BAN-PT/AK-XIII/S1/III/2011 tanggal 18 Maret 2011.

Proses belajar mengajar pada Prodi Ilmu Hubungan Internasional didukung oleh Staf pengajar tetap sebanyak 22 orang dan dosen tidak tetap yang sebagian besar berpendidikan S2 dan S3, serta para praktisi baik dari Kementrian Luar Negeri RI, Kedutaan Asing yang ada di Jakarta dan UKM Malaysia. Para praktisi ini diperlukan untuk menunjang keahlian mahasiswa dalam bidang diplomasi dan juga resolusi konflik.

Visi

Menjadi program Studi Ilmu Hubungan Internasional yang unggul dalam bidang diplomasi-negosiasi dan pertahanan-keamanan dalam rangka memberikan sumbangan keilmuan bagi bangsa dan negara.

Misi

  1. Mengembangkan aktifitas pembelajaran Ilmu Hubungan Internasional dengan penekanan pada bidang diplomasi-negosiasi dan pertahanan-keamanan dilandasi nilai-nilai disiplin, kreatifitas, efisiensi dan demokrasi untuk menghasilkan lulusan yang berwawasan global.
  2. Mengembangkan keilmuan dan pemecahan masalah hubungan internasional melalui kajian berbasis laboratorium.
  3. Mengambangkan alternative kebijakan untuk mewujudkan kedamaian dalam masyarakat melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Meningkatkan kualitas lulusan melalui peningkatan jejaring kerjasama
  5. Mengingkatkan kualitas kinerja Prodi melalui pengembangan pelayanan administrative akademik secara profeional dan berbasis teknologi informasi.

Tujuan

  1. Meningkatkan aktifitas pembelajaran dalam bidang diplomasi-negosiasi dan pertahan-keamanan untuk  menghasilkan lulusan yang berwawasan global.
  2. Mengembangkan kajian diplomasi-negosiasi, pertahanan-keamanan dan organisasi internasional berbasis laboratorium.
  3. Meningkatkan kuantitas dan kualitas pulikasi hasil penelitian dosen dan mahasiswa.
  4. Meningkatkan kuantitas dan kualitas pengabdian kepada masyarakat olehdosen dan mahasiswa
  5. Meningkatkan kuantitas kerjasama dengan pemangku kepentingan guna menunjang proses pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  6. Meningkatkan kualitas layanan administrative akademik berbasis teknologi informasi guna   menunjang proses pembelajaran.

Kompetensi Lulusan

Lulusan Ilmu Hubungan Internasional UPN “Veteran” Yogyakarta memiliki kemampuan analitis dan praktis di bidang Hubungan Internasional dengan kekhususan di bidang diplomasi negosiasi dan pertahanan keamanan dengan disiplin dan dedikasi tinggi.