DETAIL INFORMASI
Magister Teknik Industri

Website : mti.fti.upnyk.ac.id

Sambutan Ketua Program Studi

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME karena atas rahmat dan karunia-Nya kami dapat berkomunikasi dengan anda melalui prospectus ini. Kami berusaha untuk memberikan informasi yang terbaru tentang prodi Magister Teknik Industri (MTI) baik tentang sumber daya manusia, sarana prasarana dan sebagainya.

Sejak berdirinya tahun 2006 hingga kini, Prodi MTI senantiasa terus berbenah diri, menajamkan visi dan strateginya, dalam upaya menjawab berbagai tantangan yang timbul. Hal ini demi tercapai Misi Prodi MTI, yaitu: Menyelenggarakan program MTI untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di pasar global, melayani melalui pengembangan, penyebaran dan penerapan ilmu pengetahuan Teknik Industri, melaksanakan penelitian yang berkualitas yang dapat dipublikasikan dalam forum nasional, regional maupun internasional, dan menerapkan hasil penelitian untuk membantu memecahkan masalah industri dan masyarakat, serta mengembangkan lingkungan belajar mengajar yang menjunjung tinggi etika akademika dan profesi.

Kurikulum di Prodi MTI di susun berdasarkan ketentuan-ketentuan yang berlaku dan menampung masukan-masukan dari stekholder yang dipersiapkan untuk mampu bersaing secara global baik di industri ataupun dalam menempuh pendidikan lanjut.

Dengan senang hati kami membuka kesempatan buat anda untuk bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari keluarga besar Prodi MTI. Akhirnya selaku pimpinan Prodi, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu berkembangnya Prodi ini. Mudah-mudahan upaya ini banyak memberi manfaat bagi kemajuan umat manusia.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Sejarah

Program Pascasarjana Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, mulai dibuka setelah UPN "Veteran" Yoyakartn berusia 43 tahun. UPN "Veteran " Yogyakar'ta yang secara resmi rnelakukan kuliah perdana pada tanggal 15 Desember 1958, pada awalnya berbentuk akademi dengan nama Akademi Pembangunan Nasional (APN) "Veteran" Yogyakarta. Akademi ini didirikan atas prakarsa para Veteran Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia, yang dikukuhkan oleh Menteri Urusan Veteran Republik  Indonesia, Bapak Chaerul Saleh, dengan Surat Keputusan Nomor 139/Kpts/1958 tanggal 8 Oktober 1958. Tanggal 15 Desember selanjutnya ditetapkan sebagai Dies Natalis UPN "Veteran ".

Pada tahun 1999, dibentuk tim persiapan pembukaan PPs UPN "Vetetan" Yogyakarta yang diketuai oleh Prof. Dr. Ir. C. Danisworo, M.Sc. Sejak masa itu hingga sekarng, setelah melalui berbagai hambatan, maka akhirnya Program Pascasarjana Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta berhasil membuka beberapa program studi.

Program Studi Magister Teknik Industri memperoleh Surat Ijin Penyelengaraaan dari Dirjen Dikti dengan No.2648/DT/2006 dan telah terakreditasi.

Visi program studi

Visi MTI UPNVY adalah: Menjadi prodi MTI yang menghasilkan lulusan berkualitas sebagai pioneer pembangunan bidang industri pada tahun 2017

Misi program studi

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas di bidang teknik industri yang berbasis IPTEK.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan menjalin kerjasama di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan institusi yang terkait untuk mengembangkan sumberdaya manusia yang berdaya saing di bidang teknik industri.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat untuk memberdayakan masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab sosial.

Tujuan Prodi

  1. Menghasilkan lulusan yang profesional dan kompeten dalam bidang pengembangan ekonomi terapan yang memiliki wawasan kebangsaan dan mengembangkan budaya kerja disiplin, memiliki motivasi yang kuat dan tangguh dalam berusaha serta kreatif.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki komitmen untuk selalu berusaha menyumbangkan ilmu pengetahuan yang dikuasai dalam rangka ikut meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  3. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat untuk pengembangan proses pembelajaran dan pengembangan Iptek berbasis sistem manajemen mutu.
  4. Mengembangkan Program Studi yang dikelola secara profesional, cepat dalam menanggapi perubahan, transparan, berkualitas dan berkelanjutan agar dapat memberikan manfaat sesuai kebutuhan stakeholder.

Sasaran

Sasaran dari penyelenggaraan pendidikan di MTI adalah :

  1. Tercapainya efektivitas proses pembelajaran
  2. Terwujudnya pengembangan atmosfer akademik yang kondusif
  3. Meningkatnya kualitas dan wawasan SDM
  4. Meningkatnya kualitas pelayanan
  5. Mempertahankan keberlanjutan Prodi