DETAIL INFORMASI
ILMU TANAH

Website Program Studi Ilmu Tanah : ilmutanah.upnyk.ac.id

SEKILAS  ILMU TANAH UPN “VETERAN” YOGYAKARTA

Program Studi Ilmu Tanah (S1) sebenarnya bukan merupakan prodi yang baru di UPN “Veteran” Yogyakarta, mengingat pernah diselenggarakan sejak tahun akademik 1985/1986, selanjutnya berdasarkan ketentuan DIKTI secara nasional pada tahun akademik 2007/2008 diberlakukannya SK Dirjen Dikti No 163/2007 yang menggabungkan prodi ilmu tanah ke dalam prodi Agroteknologi dan diaktifkan kembali berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi nomor 186/KPT/I/2015 tanggal 11 Desember 2015, memberikan izin pembukaan kembali Prodi Ilmu Tanah program sarjana pada UPN “Veteran” Yogyakarta.

KEUNGGULAN DAN KARAKTERISTIK PROGRAM STUDI ILMU TANAH UPN “VETERAN” YOGYAKARTA

Keberadaan Prodi Ilmu Tanah bersinergi dengan prodi-prodi pendukung keunggulan UPN “Veteran” Yogyakarta di bidang Kebumian. Prodi-prodi pendukung ilmu kebumian adalah Teknik Geologi, Perminyakan, Pertambangan, dan Teknik Geofisika.  Peran Ilmu Tanah dalam bidang kebumian antara lain penanganan pasca tambang dan perminyakan, eksplorasi air tanah dan identifikasi mineral, serta aspek kebencanaan akibat gerakan tanah. Bentuk sinergi ini yang membedakan Prodi Ilmu Tanah Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta dengan Prodi Ilmu Tanah di Perguruan Tinggi yang lain.  Lulusan Prodi Ilmu Tanah Faperta UPN “Veteran” Yogyakarta memiliki kompetensi khusus di bidang reklamasi lahan dan remidiasi tanah dan air.

TUJUAN PROGRAM STUDI ILMU TANAH:

  1. Menghasilkan lulusan yang menguasai dasar Ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Ilmu Tanah sebagai media tumbuh tanaman secara berkelanjutan.
  2. Menghasilkan lulusan yang berkemampuan dasar ilmu Tanah, untuk merencanakan dan mengembangkan sumberdaya lahan secara berkelanjutan dan berwawasan lingkungan
  3. Menghasilkan lulusan yang terampil dan profesional menerapkan Ilmu Tanah di lapangan dan tanggap terhadap permasalahan di masyarakat.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu menangani permasalahan pasca tambang dan pencemaran lingkungan.