MAHASISWA S1 TEKNIK KIMIA UPN “VETERAN” YOGYAKARTA BERHASIL MENJADI JUARA PADA KOMPETISIS POSTER INFOGRAFIS

  • Selasa 06 September 2022 , 01:54
  • Oleh : Dewi
  • 1424
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman—Pada Kamis (1/9/2022), Fadhlyatul Bella Nursiva, mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta jurusan Teknik Kimia berhasil meraih juara pertama dalam kompetisi desain poster infografis. Dibawah bimbingan Dr. Heri Septya Kusuma, S.Si., M.T selaku supervisor, Fadhlyatul berhasil menyuguhkan infografis mengenai sosialisasi energi terbarukan di Desa Karangsong, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Sementara, kompetisi design poster infografis tersebut merupakan salah satu cabang lomba yang ada dalam rangkaian kegiatan Bina Desa Project. Tujuan dari cabang lomba desain poster infografis ini adalah untuk mengasah kemampuan dalam bidang desain grafis guna meningkatkan kesadaran sosial terhadap pengembangan tenaga surya serta mengajak peserta dalam memulai sustainable lifestyle melalui desain poster. Dari kompetisi ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat luas terkait energi baru dan terbarukan khususnya pada tenaga surya dan dapat menggerakkan khalayak umum untuk mulai menjalankan sustainable lifestyle.

Dr. Heri Septya Kusuma, S.Si., M.T sebagai supervisor dari Fadhlyatul mengaku bangga atas prestasi yang telah diraih. Beliau berharap hasil karya poster infografis tersebut dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat, terutama bagi warga Desa Karangsong.

Di sisi lain, Fadhlyatul juga mengungkapkan rasa syukurnya atas prestasi yang telah ia raih. Ia tidak menyangka dirinya keluar menjadi juara pada kompetisi tersebut. “Tentunya saya sangat bangga karena bisa membawa nama baik jurusan, fakultas, sekaligus kampus. Selain itu, pada kompetisi ini, saya jadi punya kesempatan untuk menuangkan ide atau gagasan saya ke dalam bentuk desain poster guna ketahanan energi nasional,” ungkapnya senang.

Fadhlyatul mengaku, pemilihan tema pada karyanya dilatarbelakangi oleh pengetahuan masyarakat Indonesia, khususnya di Kabupaten Indramayu terkait energi terbarukan masih sangat sedikit, sehingga dirinya merasa perlu memberikan media pendidikan pada masyarakat untuk mengatasi masalah tersebut. “Mengingat pengetahuan masyarakat Indonesia dan pada kesempatan kali ini saya melibatkan salah satu desa di Kabupaten Indramayu yang bernama Desa Karangsong. Desa tersebut merupakan desa wisata dan saya berharap poster ini bisa menjadi media sosialisasi ke masyarakat atau pengunjung untuk mensosialisasikan pentingnya kesadaran sosial terhadap energi terbarukan khususnya pengembangan tenaga surya,” papar Fadhlyatul.

Selain itu, Fadhlyatul juga menyampaikan berbagai hambatan yang ia hadapi dalam menyusun poster infografis tersebut. Ia cukup kesulitan dalam mendapatkan data-data konkret, contohnya pada penggunaan energi di Kabupaten Indramayu. Untuk mendapatkan data tersebut, dirinya rela terjun langsung ke Desa untuk melakukan wawancara secara langsung dengan orang yang bekerja disana.

Di akhir wawancara, Fadhlyatul mengungkapkan harapannya supaya bisa terus mengembangkan kemampuannya dan dapat terus meningkatkan prestasinya. “Semoga saya bisa terus scale-up kemampuan saya dan tetap menjaga konsistensi untuk terus belajar dan mengikuti kompetisi yang menunjang untuk masa depan. Dan semoga ide atau gagasan saya tidak hanya sekedar dilombakan, tapi dapat diimplementasikan juga untuk ke depannya,” pungkas Fadhlyatul penuh harap.