UPN “Veteran” Yogyakarta Ambil Bagian dalam Pendirian Asean Agricuture University Network (AAUN) di Chiang Mai, Thailand)

  • Rabu 05 Juli 2017 , 12:00
  • Oleh : Dewi
  • 1294
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Pada tanggal 30 Juni 2017, berlangsung di kampus Maejo University, Chiang Mai, Thailand telah dilaksanakan peresmian pendirian the Asean Agriculture Network (AAUN). AAUN merupakan sebuah orgasinasi yang beranggotakan perguruan-perguruan tinggi yang memiliki Fakultas Pertanian, dan institut pertanian, yang ada di Asia Tenggara. Pada pertemuan tersebut, hadir Rektor Prof. Dr. Ir. Sari Bahagiarti K., M.Sc didampingi Dekan Fakultas Pertanian Dr. Partoyo mewakili UPN “Veteran” Yogyakarta. Peresmian dan pendirian AAUN dihadiri oleh delegasi-delegasi dari 25 perguruan tinggi yang berasal dari negara-negara ASEAN yaitu Indonesia, Kambodia, Laos, Malaysia, Myanmar, Vietnam, Filipina, dan Thailand. Disamping itu, terdapat beberapa perguruan tinggi dari R.R. Cina dan Taiwan yang diundang sebagai anggota kehormatan.

Salah satu tujuan dari didirikannya AAUN adalah untuk mendorong kemajuan bersama di bidang pendidikan, ilmu, dan teknologi pertanian di ASEAN, serta meningkatkan kontribusi pertanian dalam pembangunan di masing-masing Negara pada khususnya, dan di Asean pada umumnya.  Adapun program-program yang dicanangkan melalui AAUN antara lain kerjasama di antara para anggotanya di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, penyelenggaraan penelitian bersama, seminar bersama, serta mobilisasi dosen dan mahasiswa.  Dalam kesempatan tersebut dari UPN “Veteran” Yogyakarta mengusulkan satu program tambahan berupa penerbitan jurnal ilmiah internasional, yaitu Asean Agriculture Journal.

Kegiatan di Chiang Mai dilanjutkan dengan fieldtrip mengunjungi “Royal Park Rajapruek” yang merupakan taman bunga dan pertanian Negara Thailand, pada tanggal 1 Juli 2017.