UPN “Veteran” Yogyakarta Gelar Ujian Wawancara Seleksi Mandiri Jalur Bela Negara 2022

  • Jumat 29 Juli 2022 , 02:41 PM
  • Oleh : Dewi
  • 735
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman - Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UPN “Veteran” Yogyakarta gelar Ujian wawancara Seleksi Mandiri (SM) Jalur Bela Negara 2022. Ujian wawancara diikuti oleh 600 peserta. Ujian dilaksanakan di Gedung Auditorium, Kamis – Jumat 28- 29 Juli 2022.

 

Dr Hendro Wijanarko  selaku panitia PMB 2022 mengatakan jumlah pendaftar Seleksi Mandiri (SM) jalur Bela Negara di Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNVY) tahun ini meningkat. Setidaknya meningkat puluhan pendaftar dibandingkan tahun lalu.

 

"Animo calon mahasiswa baru yang mendaftar lewat SM jalur Bela Negara ini cukup banyak sekali. Jumlah pendaftarnya juga meningkat dibandingkan dengan tahun lalu," ucapnya, Kamis (28/7/2022).  

 

Menurutnya ada 600 calon mahasiswa yang mengikuti rangkaian tes jalur Bela Negara ini. Ada empat penilaian dari SM Bela Negara. Pertama, penentuan nilai dari rapor.

 

Kedua, calon mahasiswa harus memiliki sertifikat tentang bela negara. Ketiga, calon mahasiswa harus membuat esai tentang bela negara, dan terakhir adalah wawancara.

 

"Komitmen dari calon mahasiswa ditentukan dari wawancara. Jika diterima dan menjadi mahasiswa UPN dia punya komitmen Bela Negara di UPN "Veteran" Yogyakarta," ungkapnya.

 

Lebih lanjut dia menjelaskan, ada beberapa jalur PMB di UPNVY. Di antaranya Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan terakhir SM.

 

SM sendiri terbagi dalam jalur prestasi, jalur computer base test, jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan jalur bela negara

 

"Kuota yang ada di UPN ini adalah 4.830, dengan rincian daya tampung dari SNMPTN 966, SBMPTN 2.415, dan SM 1.449. Sehingga ini menjadi peluang bagi calon mahasiswa yang akan masuk ke UPN Yogyakarta," lanjutnya.

 

Khusus untuk SM Bela Negara pendaftaran dibuka pada 11-25 Juli 2022. Kemudian tes wawancara akan dilaksanakan pada 28-29 Juli 2022, dan pengumuman pada 3 Agustus 2022. Info lengkap www.pmb.upnyk.ac.id.

Previous Next