UPN 'Veteran' Yogyakarta Kerjasama dengan UNY tentang Pendampingan Penyelenggaraan Prodi Profesi Insinyur

  • Rabu 22 Maret 2023 , 04:35 AM
  • Oleh : Dewi
  • 7882
UPN VETERAN Yogyakarta

YOGYAKARTA - Fakultas Teknologi Mineral UPN 'Veteran' Yogyakarta (UPNVY) menjalin kerjasama dengan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tentang pendampingan penyelenggaraan Program Studi Program Profesi Insinyur (PS PPI), Senin (20/3/2023).

Kerjasama ini tandatangani oleh Dekan Fakultas Teknologi Mineral UPNVY, Dr. Ir. Sutarto, MT dan Dekan Fakultas Teknik UNY, Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D. Di dalam perjanjian ini UNY sebagai pihak kedua akan memberikan pendampingan terkait penyelenggaraan PS PPI di UPNVY.

Sesuai dengan Pasal 4 Ayat (2) Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 39 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan PS PPI. Dekan Fakultas Teknologi Mineral UPNVY, Dr.Ir. Sutarto, MT menyampaikan UPNVY akan segera membuka PS PPI.

Pembentukan PS PPI bertujuan untuk membentuk kompetensi keinsinyuran sehingga siap bersaing baik di tingkat nasional dan global. Kerjasama ini akan berlaku selama lima tahun sejak ditandatangani.

"Menindaklanjuti rencana pembukaan Program Studi Program Profesi Insinyur, UNY kami pandang berpotensi untuk menjadi pembina dan pendamping. Mulai dari penyusunan kurikulum, pendampingan penyusunan perangkat pembelajaran, dan lainnya," ucapnya.

Dalam perjanjian yang disepakati selama lima tahun ini, UNY sebagai pihak kedua akan menyiapkan tenaga pendidik atau dosen dan tenaga kependidikan yang belum ada di pihak pertama dalam hal ini UPNVY. Lalu memberikan pendampingan dan pelatihan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan pihak pertama.

Lebih lanjut dia menyampaikan PS PPI ini sangat penting, karena ke depan yang berhak melakukan kerja keinsinyuran adalah yang sudah mendapatkan gelar dari perguruan tinggi melalui program profesi insinyur. Melalui PS PPI profesionalisme insinyur akan meningkat dan semakin handal.

"Praktik-praktik keinsinyuran di berbagai bidang harus memiliki gelar insinyur terlebih dahulu, sesuai dengan peraturan di dalam undang-undang," jelasnya.

Sementar itu...Joko Pamungkas, Ir. MT. IPM menyampaikan apresiasi atas kerjasama ini. Nantinya dari pihak kedua akan terus memberikan masukan-masukannya terkait dengan penyelenggaraan PS PPI di UPNVY. Setelah perjanjian ini dijalankan, nantinya akan ada evaluasi berkala.

"Evaluasi berkala ini sebagai masukan dalam program kerja selanjutnya. Diharapkan melalui kerjasama ini nantinya UPNVY akan mandiri dan bisa melahirkan lulusan insinyur-insinyur berkualitas dan berdaya saing," ungkapnya. (*)

Previous Next