UPN “Veteran” Yogyakarta Menggelar Upacara Memperingati Hari Penegakan Kedaulatan Negara

  • Kamis 02 Maret 2023 , 05:21
  • Oleh : Dewi
  • 1034
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

YOGYAKARTA - UPN “Veteran” Yogyakarta Menggelar Upacara Memperingati Hari Penegakan Kedaulatan Negara dipimpin oleh Rektor UPN Veteran Yogyakarta, , Rabu (1/3/2023) di lapangan UPNV YK. Peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara (HPKN) menjadi momentum pemersatu bangsa. Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi episentrum momen bersejarah Serangan Umum 1 Maret 1949, yang kini diperingati sebagai HPKN.

Bertindak sebagai pembina upacara,  Rektor UPNVY, Prof. Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.Si membacakan sambutan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Dia menyampaikan HPKN memiliki makna 'Persatuan Indonesia'. Merefleksikan bersatunya berbagai elemen bangsa dalam melawan tirani bangsa.

"Dapat pula dimaknai sebagai refleksi semangat rakyat, yang senantiasa menunjukkan keberanian dan ketangguhan, dalam gelora 'Bagimu Negeri..,Jiwa Raga Kami'," ucapnya.

Menurutnya peringatan HPKN 2023, memang selayaknya dimulai dengan kontemplasi batin 'Liring Pangastuti Trusing Tyas'. Bahwa hati sanubari dan cakrawala pikiran harus dibuka seluas-luasnya. Sehingga HPKN menjadi suluh penerang dan inspirasi dalam mencintai tanah air Indonesia.

Setelah meresapi makna dan esensi yang melingkupinya, HPKN harus ditafsirkan secara rasional melalui berbagai karya nyata. Karena rasionalitas lebih tepat menyikapi berbagai dinamika.

"Sehingga tepat kiranya, apabila makna kedaulatan, benar-benar ditransformasi dan diaktualisasi, dalam berbagai upaya membangun kesejahteraan masyarakat."

Memaknai HPKN dengan karya nyata misalnya pendidik dan pelajar, yang kreatif dan ikhlas berlandaskan keilmuan. Rohaniawan yang mengamalkan kesalehan ritual dan kesalehan publik, menjadi wirausaha yang kreatif dan lainnya.

"Semoga Hari Penegakan Kedaulatan Negara, dapat menjadi inspirasi peradaban, dalam membangun Indonesia dan masyarakatnya yang sejahtera dan berbudaya," harapnya.

Mengenang dan meneruskan perjuangan para pahlawan menjadi semangat yang selalu dijunjung Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVY). Sebagai kampus bela negara yang didirikan oleh para pejuang bangsa, nilai-nilai warisan mereka terus diamalkan sampai saat ini.

Rektor UPNVY, Prof. Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.Si di dalam peringatan HPKN ini berpesan untuk bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan, serta terus menjaga toleransi. Semangat persatuan para pahlawan inilah yang mengantarkan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan.

"Mengamalkan nilai-nilai bela negara membentuk beberapa sikap positif dalam kegiatan sehari-hari. Seperti disiplin, jujur, tegas, adil dan peduli dengan sesama," kata Irhas.

Dia berharap peringatan HPKN bisa jadi momentum untuk meneruskan cita-cita para founding fathers. Menjadi momen pengingat bagi bangsa Indonesia tentang nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila, UUD '45, hingga nilai kesatuan dalam Bhineka Tunggal Ika.

"UUD '45 menjadi dasar hukum dalam mengamalkan bela negara. Sebagai kampus bela negara kami terus mengingatkan keluarga besar civitas akademik UPNVY mengingat dan mengamalkan nilai-nilai tersebut," jelansya.