UPN "VETERAN" YOGYAKARTA SELENGGARAKAN UJIAN KETRAMPILAN DAN PRAKTIK PENERIMAAN JALUR PRESTASI SELEKSI MANDIRI 2021

  • Sabtu 12 Juni 2021 , 11:05 AM
  • Oleh : Dewi
  • 2262
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN, YOGYAKARTA - Ujian Ketrampilan dan Praktik untuk calon mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNVY) yang memilih jalur Seleksi Mandiri (SM) melalui Penerimaan Jalur Prestasi (PJP) akan dilaksanakan di Kampus UPNVY, Jalan Padjajaran, Condongcatur, dan di Kampus 2 UPNVY, Jalan Babarsari No.2, Tambak Bayan, Janti, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta, Minggu (13/6/2021).

Dr. Hendro Wijanarko, MM selaku Penanggung Jawab PMB UPNVY menuturkan, UPNVY berkomitmen terhadap siswa yang mempunyai prestasi unggul di beberapa bidang, diantaranya IPTEK, Olahraga, Seni, dan Keagamaan. Berdasarkan hal itu UPNVY sebagai Kampus Bela Negara yang didirikan oleh Para Pejuang Veteran Republik Indonesia (RI) ingin membantu dan memberi kesempatan kepada siswa yang berprestasi di bidang tersebut untuk dapat melakukan studi lebih lanjut.

"Melalui Jalur Prestasi tersebut, UPNVY juga berkesempatan untuk mendapatkan bibit unggul sesuai bidang IPTEK, olahraga, seni, dan keagamaan sehingga bisa ikut meningkatkan prestasi UPNVY di bidang tersebut, sekaligus menaikkan peringkat UPNVY di bidang kemahasiswaan," ujarnya.

Karena daya tampung yang terbatas, lanjut Hendro, maka UPNVY harus menerapkan seleksi ketat kepada ribuan calon mahasiswa barunya. Mahasiswa bibit unggul yang diterima diharapkan akan memiliki komitmen dan bisa berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia.

"Kepada seluruh peserta, saya berpesan agar selalu menjaga kesehatan dan jangan lupa berdoa kepada Tuhan," ungkapnya.

Tri Wibawa  selaku Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UPNVY menjelaskan, guna memastikan kelancaran Ujian Ketrampilan dan Praktik Jalur Prestasi, Tim Panitia SM UPNVY melakukan Technical Meeting (TM) yang dilaksanakan H-1, di lokasi ujian, Sabtu (12/6/2021). Penilaian Penerimaan Jalur Prestasi terdiri dari 2 komponen. Penilaian fortofolio berdasarkan sertifikat prestasi yang di unggah pada web pmb.upnyk.ac.id dan penilaian ujian ketrampilan.

"TM dibagi menjadi 2 sesi pagi dan siang dengan tujuan untuk mencegah terjadinya kerumunan. Dan, setelahnya peserta wajib melakukan tes  G-nose. Jumlah peserta sesi 1 dan 2 ada 304 calon mahasiswa dari bidang IPTEK, Seni, Olahraga, dan Keagama," terangnya.

Tri mengingatkan, yang paling penting adalah perhatikan waktu dan lokasi ujian. Peserta hadir 30 menit sebelum jadwal ujian. Jangan lupa membawa kartu peserta ujian yang sudah dicetak.

"Seluruh peserta wajib menegakkan disiplin dan patuh mentaati Protokol Kesehatan (Prokes) Pengendalian dan Pencegahan Penularan dan Penyebaran Covid-19. Masing-masing wajib memakai masker dan membawa hand sanitizer. Dianjurkan membawa makan dan minum sendiri," jelasnya.

Kemudian, peserta mengenakan baju olah raga sesuai cabang olah raga, khusus untuk Klaster Olah Raga). Mengenakan baju yang rapi dan sopan. Membawa perlengkapan sesuai kebutuhan. Membawa rekaman music, selendang khususnya untuk prestasi di bidang Seni Tari.

Tri menyampaikan, materi Ujian Ketrampilan dan Praktik Jalur Prestasi SM UPNVY meliputi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dengan tes esai dan wawancara. Agama Islam berupa Hafalan, tilawah, dan lainnya. Peserta Seni Suara, Tari dan Karawitan diuji kemampuannya dalam membaca partiture, tes vokal, praktik tari, dan memainkan gamelan. Untuk prestasi Marching Band dan Olahraga juga akan diberikan ujian praktik

Previous Next