UPNVY Hadiri Passage to ASEAN (P2A) Bahas Mobility Program

  • Rabu 07 Februari 2018 , 12:00
  • Oleh : Dewi
  • 1228
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN – UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) bersama perwakilan perguruan tinggi lainnya di ASEAN terlibat aktif dalam 7th Passage to ASEAN Passage to ASEAN (P2A) Members’ Meeting sekaligus 2nd P2A Annual General Meeting di Universiti Teknologi Malaysia (UTM). P2A yang diselenggarakan 28-30 Januari 2018 merupakan asosiasi perguruan tinggi yang memfasilitasi mobilitas mahasiswa di kawasan ASEAN.

Dr. Rukmowati Brotodjojo, Kepala UPT Bahasa dan Layanan Internasional yang hadir mewakili UPNVY mengatakan saat ini P2A memiliki 77 anggota.

Asosiasi yang berdiri pada tahun 2012 bertujuan untuk membangun pertemanan dan rasa hormat antar pemuda anggota ASEAN melalui mobilitas and aktivitas bersama ketika mereka berkunjung ke negara mitra.

“Secara  holistik P2A mendidik generasi muda ASEAN untuk memahami budaya negara lain dan nilai-nilai empati, kerjasama, serta passion sehingga mereka mampu berkontribusi sebagai warga dunia global yang baik,” kata Rukmowati.

Pada pertemuan tersebut dibahas target organisasi pada tahun 2020 yaitu peningkatan kualitas dan kuantitas mobilitas, pemberdayaan dan keterlibatan mahasiswa, mengintegrasikan pengembangan professional dalam luaran pembelajaran, serta memperkuat organisasi dan posisi di kawasan global.

Selain itu, dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran dibahas pula silabus program mobility yang mencakup kegiatan pra-mobilitas, mobilitas dan pasca mobilitas Dengan target jangka waktu 15 minggu.

Dengan menggunakan desain tersebut diharapkan program mobilitas tersebut dapat diakui sebagai kredit pembelajaran.

“Selain itu juga disepakati biaya yang akan dibebankan kepada peserta mobilitas yaitu maksimum 40 USD per hari sebagai pengganti biaya akomodasi dan konsumsi selama kegiatan,” pungkasnya.