INI UPAYA UPNVY TANAMKAN NILAI BELA NEGARA DALAM DIRI MAHASISWA

  • Jumat 05 Agustus 2022 , 09:28 AM
  • Oleh : Dewi
  • 523
UPN VETERAN Yogyakarta

Bela Negara menjadi salah satu kewajiban masyarakat Indonesia. Ini menjadi upaya untuk menjaga persatuan dan kesatuan NKRI.

Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' Yogyakarta (UPNVY) menjadi salah satu perguruan tinggi negeri di Yogyakarta yang menjunjung tinggi nilai Bela Negara. Tak hanya sekedar teori, pihak kampus memastikan para mahasiswa mendapatkan aksi nyata dan konkret dari nilai bela negara.

Para mahasiswa didorong tidak hanya memahami makna Bela Negara saja, tetapi juga mampu menerapkan nilai Bela Negara dalam kehidupan sehari-hari.

"(Nilai Bela Negara) Harus diikuti dengan tindakan nyata," ujar Mayor Infantri Supri Siswanto, Danyon 21 Grup 2 Kopassus, dalam upacara penutupan diklat Kepemimpinan Bela Negara UPNVY, Kamis (4/8/2022).

Sebagai informasi lebih dari 150 mahasiswa UPNVY mengikuti diklat Kepemimpinan Bela Negara selama 3 hari di Grup 2 Kopassus Surakarta. Tak sekadar menerima teori, para mahasiswa akan dilatih secara fisik untuk Bela Negara.

Para mahasiswa dikenalkan dengan keterampilan lapangan seperti pengenalan senjata, lempar pisau, penyeberangan basah, hingga latihan baris berbaris.

"Tujuan (dari kegiatan ini) untuk membina dan memotivasi untuk nilai-nilai bela negara. Nanti kakak-kakak pendamping ini akan mendampingi mahasiswa baru yang saat ini ada sekitar kurang lebih 4.830 orang," kata Wakil Ketua PKKBN UPNVY 2022, Agus Harjanto.

Ia mengungkapkan para mahasiswa juga akan dilatih untuk disiplin dalam kegiatan ini. Menurutnya, mental para mahasiswa akan diolah menjadi kuat lewat kegiatan ini.

"Mahasiswa UPNVY itu harus punya bekal jiwa bela negara hingga cinta tanah air. Sehingga lulusan UPNVY itu punya karakter yang berbeda dengan lulusan lain," tegasnya.

 

Previous Next