UPN “VETERAN” YOGYAKARTA RAIH HIBAH PENDANAAN PPK ORMAWA

  • Kamis 04 Agustus 2022 , 05:03 PM
  • Oleh : Dewi
  • 263
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_ Tim PPK Ormawa dari BEM FEB berhasil mendapatkan hibah pendanaan perlombaan PPK Ormawa. PPK Ormawa 2022 merupakan program dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kemdikbudristek yang memberi kesempatan kepada Perguruan Tinggi di lingkungan Kemendikbudristek untuk mengusulkan proposal Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan untuk meningkatkan kualitas Ormawa dan sekaligus menumbuh kembangkan soft skills dan kompetensi mahasiswa seperti kemampuan berorganisasi, penguatan karakter Pancasila, bela negara, cinta tanah air, kebangsaan, kepemimpinan, dan bekerja sama (team work). PPK Ormawa ini merupakan program penguatan kapasitas Ormawa melalui serangkaian proses pembinaan Ormawa oleh PT yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat.

 

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan telah menerima sebanyak 2.078 Subproposal dan telah melaksanakan penilaian substansi proposal PPK Ormawa 2022. Sebanyak 383 subproposal dinyatakan layak mengikuti seleksi akhir/presentasi yang telah dilaksanakan pada 31 Mei - 2 Juni 2022 dan 7 – 9 Juni 2022  yang mana subproposal BEM FEB UPN “Veteran” Yogyakarta menjadi salah satu Subproposal yang lolos pada tahap ini. Kemudian, pada tanggal 31 Mei – 9 Juni 2022 tiba saatnya pengumuman hasil dari subproposal yang berhasil menjadi Penerima Bantuan PPK Ormawa 2022 yaitu sebanyak 328 subproposal. Subproposal BEM FEB UPN “Veteran” Yogyakarta dengan judul “Pemberdayaan Potensi Wisata Goa dan Telaga Tritis Desa Ngestirejo Melalui Pendampingan Pengelolaan Ekowisata Berbasis Industri Kreatif” menjadi salah satu subproposal yang lolos pendanaan dengan besar nominal yaitu Rp35.000.000.

 

Tim PPK Ormawa BEM FEB ini terdiri dari 10 anggota yang antara lain adalah: Muhammad Rizky Dharmawan | Wakil Ketua Umum BEM FEB | Ekonomi Pembangunan 2019; Annisa Fitri Nurlaili | Kepala Bidang Sosial Politik | Manajemen 2019; Adinda Puspita Oktaviana Rizky | Kepala Departemen Sosial Masyarakat | Manajemen 2020; Salsabilla Fitri Afriani | Wakil Kepala Departemen Sosial Masyarakat | Akuntansi 2020; Iqlima Geo Nomida | Wakil Kepala Departemen Keilmuan | Manajemen 2019; Mashari Saputra | Staf Departemen Kajian dan Aksi Strategis | Akuntansi 2020; Tsabit Fasyarizas | Staf Departemen Sosial Masyarakat | Manajemen 2020; Eman Wicaksono | Staf Departemen Sosial Masyarakat | Akuntansi 2020; Karisma Geta Fatmalia | Staf Departemen Sosial Masyarakat | Akuntansi 2020; Safira Alya Maharani | Staf Departemen Sosial Masyarakat | Ekonomi Pembangunan 2020.

 

BEM FEB UPNVY melalui program unggulan yang dinaungi oleh Bidang Sosial Politik memiliki program pengabdian masyarakat yang sustainable beberapa tahun terakhir dan memiliki rencana pemberdayaan desa lebih jauh pada periode 2022 ini. Oleh karena itu, menjadi latar belakang bagi BEM FEB UPNVY mengikuti Program Penguatan Kapasitas Ormawa agar program pengabdian masyarakat BEM FEB UPNVY tidak hanya menjadi sebuah program tahunan biasa, tetapi menjadi prestasi tersendiri khususnya bagi nama organisasi BEM FEB UPNVY dan secara umum bagi kampus UPN "Veteran" Yogyakarta.

Usaha yang telah tim upayakan untuk mencapai prestasi ini antara lain adalah komitmen bersama untuk memulai, menghadapi proses, dan menyelesaikan amanah ini dengan rasa penuh tanggungjawab dan kerja sama yang kolaboratif. Selain itu, tim selalu melakukan koordinasi terkait pengembangan konsep pengabdian masyarakat untuk diimplementasikan lebih jauh melalui PPK Ormawa ini, sehingga mendorong kami untuk sepakat mengangkat sektor pariwisata untuk dikembangkan lebih jauh dengan dukungan pendanaan dari program ini. Tak hanya itu, prestasi ini kita dapatkan berkat komitmen bersama sehingga kami mampu dengan serius dalam proses penyusunan subproposal hingga seleksi akhir presentasi. Pencapaian ini tidak terlepas dari dukungan banyak pihak, baik oleh Pimpinan organisasi BEM FEB beserta jajarannya, Tim PHBD Center UPN dari UKM ISR, Dosen Pembimbing, Wadek Bidang Kemahasiswaan dan Dekan FEB, hingga jajaran birokrat dari universitas yang menaungi program PPK Ormawa sehingga segala kebutuhan dalam kami meraih prestasi ini dapat sepenuhnya difasilitasi oleh pihak kampus.

“Sangat bersyukur dan bangga dapat menaungi mahasiswa/i pengurus BEM FEB atas pencapaian yang selain dapat menjadi proses berkembang bagi tim, tetapi juga membanggakan nama organisasi dan universitas,” ujar Ibu Dra. Istiana Rahatmawati, M.Si selaku Dosen Pembimbing.

Tim PPKO BEM FEB mengatakan mereka menganggap ini adalah program besar yang akan menjadi tantangan dan tanggung jawab baru, wadah yang luar biasa untuk berkembang, pengalaman yang suatu saat nanti akan berdampak besar bagi pengembangan diri, dan tentunya sebuah kebanggaan bagi mereka telah turut mengahrumkan nama organisasi kemahasiswaan, universitas, dan memberikan kebermanfaatan bagi desa binaan.

Dosen pembimbing, Dra. Istiana Rahatmawati, M.Si,mengatakan dirinya berharap mahasiswa/i UPN terkhususnya FEB melalui Ormawa dapat terus mengeluarkan inovasi dan ide ide besar lainnya dalam rangka pengabdian masyarakat. Terus mencoba dan raih prestasi dengan mengikuti program semacam PPK Ormawa ini di tahun-tahun berikutnya. Pasti akan ada manfaat dan pembelajaran yang luar biasa yang akan didapatkan.

Selain dosen pembimbing, Bapak Suyana, selaku ketua kelompok Sadar Wisata di Desa Ngestirejo, Tanjungsari, Gunungkidul, mengatakan, "Saya sangat berterima kasih kepada teman-teman BEM FEB UPN karena melalui program PPK Ormawa ini sangat membantu kami dalam membangkitkan semangat dan motivasi kami selaku pengelola wisata Goa dan Telaga Tritis yang sempat padam, dan saya harap program ini nantinya dapat membawa perubahan yang positif bagi kami pengelola wisata ini.

Previous Next