Marching Band UPNVY Raih 2nd Place Winner pada Kejuaraan Dunia

  • Kamis 29 November 2018 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1489
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN - Marching Band UPN  “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) berhasil meraih 2nd Place Winner World Class Soundsport dengan perolehan nilai 93.92 dalam ajang Indonesia Drum Corps Championship (IDCC) 2018 yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, pada 16 – 18 November 2018.

Pada kelas soundsport Marching Band UPNVY harus melawan 10 peserta dari seluruh Indonesia. Prestasi ini merupakan kebanggaan bagi Marching Band UPNVY setelah hampir empat tahun tidak pernah mengikuti kejuaraan serupa dengan team yang lengkap.

“Ajang lomba ini berskala nasional dan bertaraf internasional. Lomba kali ini dewan jurinya berasal dari Amerika. Kami membawa seluruh team lengkap.” Kata Alawiyah, General Manager Marching Band UPNVY, Rabu (28/11/2018).

Alawiyah mengatakan pada perlombaan ini Marching Band UPNVY membawa 57 pemain  soundsport dan drum corps, terdiri dari 26 pemain brass, 10 pemain colourguard, 17 pemain  perkusi dan 4 pemain tambahan. Selain itu juga membawa 14 pemain drum battle, 10 pelatih, dan 20 official. 

Lebih lanjut, Alawiyah menceritakan ia bersama teamnya melakukan persiapan selama 10 bulan untuk bisa mengikuti kompetisi tersebut.

“Kami melakukan latihan yang diisi dengan latihan display, music, visual maupun latihan fisik yang dijalani oleh pemain selama kurang lebih 10 bulan lamanya, akhirnya semua pemain berhasil melewati proses yang ada.” Tutur Alawiyah.

Pada ajang ini Marching Band UPNVY membawakan tema “The Union of Soul” untuk mata lomba Drumcorps dan Soundsport. Tema ini menceritakan tentang penari Indonesia yang mendapatkan beasiswa untuk belajar ke Jepang. Dalam masa studinya ia kagum keindahan dan kebudayaan Jepang, kemudian ia tertarik untuk mempelajarinya. Namun ditengah masa studi, ia merindukan tanah air, dan akhirnya sang penari menciptakan kolaborasi tari antara budaya Jepang dengan Indonesia yaitu adat Minang dan Bali.

Kebanggaan Marching Band UPNVY semakin lengkap saat diumumkan menempati posisi 4th Place Winner Open Class Drum Corps oleh dewan juri dengan perolehan nilai 78.75.

“Ke depan kami ingin mengikuti kompetisi sejenis dan terus berlatih agar mendapatkan hasil yang lebih baik.” Pungkas Alawiyah.

Pada ajang ini Marching Band UPNVY mengikuti empat mata lomba yang dipertanidngkan yaitu soundsport, drum corps dan drum battle.

Pada mata lomba soundsport juara 1 diraih oleh Marching Band Bahana Cendana Kartika Duri dengan perolehan nilai 96.83 dan juara 3 yang diraih oleh Surosowan Cadets dengan perolehan nilai 93.33. Pada mata lomba Drum Corps juara 1 diraih oleh Nada Syiar Daar El-Qolam Corps dengan perolehan nilai 84.45, juara 2 yang diraih oleh Marching Band Bahana Cendana Kartika Duri dengan perolehan nilai 82.90, dan juara 3 diraih oleh Marching Band Universitas Gadjah Mada dengan perolehan nilai 82.75. (wwj/humas)