Tim Mahasiswa Teknik Pertambangan Raih Juara pada Kompetisi Tambang Internasional

  • Kamis 07 Desember 2023 , 03:39
  • Oleh : Dewi
  • 1258
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
HMTA-Timberwolves pada kompetisi International Sriwijaya Mining Games (ISMG). Sumber: pribadi

INFOUPNYK - Tim mahasiswa Program Studi Teknik Pertambangan (HMTA-Timberwolves), Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNYK) telah meraih juara 2 pada kompetisi International Sriwijaya Mining Games (ISMG) pada 11-18 November 2023. Kompetisi ini merupakan ajang yang diselenggarakan 2 tahun sekali oleh Universitas Sriwijaya dengan target untuk mahasiswa Teknik Pertambangan di Indonesia.

Tim ini terdiri dari:

  1. Akhmad Faisal
  2. Zahwa Putri Al Ziza
  3. Andika Ade Putra
  4. M. Nickolai Kusuma Hermawan
  5. Wahyu Putranto
  6. Amir Zul Khair Pasaribu
  7. Nathannael Surya Putra Lesmono
  8. Krishna Bayu Baroto

Akhmad Faisal selaku Manager Tim HMTA-Timberwolves memberikan apresiasi untuk pihak-pihak diluar timnya yang telah memberi bantuan selama masa pembentukan tim hingga masa kompetisi. Faisal mengatakan bahwa untuk mendapatkan komposisi timnya, dilakukan seleksi terlebih dahulu yang dibantu oleh pihak Dosen Prodi Teknik Pertambangan.

"...dalam menentukan pengisi player dalam tim, terlebih dulu kami melakukan seleksi untuk mencari komposisi yang tepat sesuai dengan tujuan dan target dari masing-masing perlombaan yang ada dan harus selaras dengan diharapkan oleh manajer," tutur Faisal melalui rilis yang diterima INFOUPNYK (5/12/2023).

Menurutnya, perolehan prestasi ini merupakan wujud kerja keras dan konsistensi dari ia dan timnya. Faisal mengaku bahwa ia dan timnya harus menyisihkan waktu setiap hari setelah jam perkuliahan untuk melakukan latihan rutin. Latihan ini dilakukan untuk menyesuaikan materi baik secara teori dan juga secara praktik.

"Kami melakukan latihan setiap berakhir kelas di tiap sorenya baik secara teori dan praktik, terlebih yang ditekankan adalah masalah SOP dalam setiap latihannya. Selanjutnya, perihal perlombaan ini kami menyesuaikan dengan materi yang ada di Unsri agar sesuai dengan taraf keilmuan yang ada," imbuh Faisal.

International Sriwijaya Mining Games merupakan kompetisi yang bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa Prodi Teknik Pertambangan tentang alat-alat dan teknologi yang digunakan pada dunia pertambangan beserta cara pengaplikasiannnya. Selain itu, tujuan dari ajang ini adalah memupuk rasa kompetitif dan sportivitas mahasiswa melalui deretan perlombaannya. Andika Ade Putra, salah satu Player (anggota tim) HMTA-Timberwolves

"Tujuan dari acara semuanya terpenuhi dan sportivitas sangat dijunjung tinggi, terlebih bagi saya pribadi ajang ini mungkin yang terakhir dan juga sebagai tempat reuni saya dengan sahabat seperjuangan dulu," ucap Andika dikutip dari rilisnya (5/12/2023).

Andika juga mengungkapkan rasa bahagianya karena selain mendapat prestasi, ia dan timnya diberi kesempatan mengunjungi lokasi pertambangan itu sendiri. "Alhamdulillah selalu diberikan hasil yang baik dengan juara umum 2 dan dengan pengalaman dapat langsung berkunjung ke site dari PT Bukit Asam di Tanjungenim," ujarnya.

Terdapat 10 nomor perlombaan yang tim ini ikuti pada kompetisi International Sriwijaya Mining Games 2023. HMTA-Timberwolves selaku perwakilan dari UPNYK meraih juara pada 7 nomor perlombaan, sehingga mengantarkan mereka pada predikat juara umum 2. Berikut adalah deretan nomor perlombaan yang berhasil HMTA-Timberwolves juarai:

  1. 1st Winner of Mine Evacuation Rescue Competition
  2. 1st Winner of Crushing and Sieve Analysis Competition
  3. 2nd Winner of Mining Smart Competition
  4. 2nd Winner of Mine Surveying Competition
  5. 2nd Winner of Bench Blast Competition
  6. 3rd Winner of Rock Mineral Identification Competition
  7. 3rd Winner of Mine Plan Design Competition

Penulis: Dimas Siradje