Gubernur DIY Dukung Perkembangan Kampus UPNYK

  • Selasa 12 Desember 2023 , 11:02
  • Oleh : Admin
  • 842
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
Sri Sultan HB X bersama Dewan Pertimbangan UPNYK bertemu Rektor dan jajarannya. Sumber: Humas UPNYK

INFOUPNYK - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X menyampaikan apresiasi terhadap peran Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNYK) dalam dunia pendidikan dan pembangunan di wilayahnya. Sri Sultan juga memberikan arahan dan dukungan untuk meningkatkan kualitas pendidikan serta sarana dan prasarana di UPNYK.

Hal tersebut disampaikan saat menghadiri Rapat Dewan Pertimbangan UPNYK, di mana Sri Sultan Hamengku Buwono X menjabat sebagai ketuanya, Jumat (8/12/2023). Kehadiran Gubernur DIY ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung perkembangan perguruan tinggi di wilayahnya.

"Saya lihat ada tiga hal yang dibahas, yang pertama adalah tentang aset, kedua sumber daya manusia, dan ketiga adalah BLU (badan layanan umum, red). Terkait aset saya lihat sudah hampir 10 tahun aset ini belum selesai, tadi hampir ada alih status ya, kalau ini memang bisa ditindaklanjuti menurut saya segera," ujar dia.

Sekadar diketahui Rapat Dewan Pertimbangan UPNYK dilangsungkan di Ruang Rapat Rektorat lantai 1, Kampus 1. Rapat dihadiri oleh sejumlah tokoh dan pimpinan universitas. Rektor UPNYK, Prof. Mohammad Irhas Effendi memimpin rapat tersebut dengan agenda rapat mencakup berbagai aspek, terkait strategi pengembangan non-akademik yaitu rencana pembangunan sarana dan prasarana, bidang sumber daya manusia, dan tata kelola unit usaha yang akan diimplementasikan oleh UPNYK menuju status Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH).

"Pembahasan kita mulai dari perkembangan pembangunan sarpras dan kondisi terkini, kemudian perkembangan masalah sumber daya manusia, kemudian progress BLU karena kita sudah ditargetkan untuk jadi Badan Hukum (PTN-BH), taun 2025 kita sudah ditarget untuk jadi badan hukum," ucap Rektor UPNYk saat membuka pemaparannya.

Rektor UPNYK berharap hasil penyelenggaraan Rapat Dewan Pertimbangan ini, nantinya akan menjadi pedoman universitas dalam penyelesaian masalah dan juga sebagai rencana implementasi untuk tahun mendatang. "Ini mohon arahan dari bapak-bapak dewan pertimbangan penyelesaian p3k, tata kelola unit usaha, dan juga penyelesaian status tanah," tambah Rektor.

Acara berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan pemberian arahan yang akan menjadi panduan bagi UPNYK dalam melangkah ke depan. Rapat Dewan Pertimbangan UPNYK menjadi ajang penting untuk bersinergi dan merumuskan langkah-langkah strategis guna meningkatkan kualitas dan kontribusi UPNYK dalam mendukung pembangunan pendidikan tinggi di taraf nasional dan daerah.

Penulis: Dimas Siradje