UPN “VETERAN” YOGYAKARTA GELAR GERAKAN MENGAJAR SEBAGAI IMPLEMENTASI KEGIATAN MBKM

  • 19 October 2021 , 11:58 AM
  • Oleh : Dewi Sukarelawati
  • 331
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman -- Sebagai upaya mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Departemen Sosial dan Lingkungan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UPN Veteran Yogyakarta (UPNVYK) menggelar gerakan mengajar  bagi  adik-adik pada tingkat sekolah TK dan SD yang mengalami kesulitan saat harus belajar daring akibat pandemic Covid-19. Kegiatan ini  berlangsung setiap hari Sabtu dan Minggu pada Bulan Oktober tahun 2021 di lingkungan Desa Tambakbayan, Kabupaten Sleman, DIY.

 

 

Asep Saefudin, M.Si selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  mengatakan kegiatan ini bertujuan mendukung program MBKM yang di programkan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia  sekaligus mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi tepatnya point pendidikan dan pengajaran, menyelenggarakan program kerja FISIP Mengajar.

 

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik berharap  dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membantu adik-adik dalam memahami materi pelajaran sekolah dan memberi pelatihan untuk bisa menerapkannya di kehidupan mereka.  

 

Annisa selaku penanggung jawab kegiatan menyampaikan pengajar yang terjun ke lapangan terdiri dari pengurus BEM serta volunteer yang merupakan mahasiswa aktif di FISIP UPNVYK. Adapun silabus pembelajaran yang digunakan terbagi menjadi dua bagian, yaitu materi umum dan materi khusus. Materi umum mencakup pengenalan profesi, pendidikan karakter, serta kenakalan remaja. Sedangkan pada materi khusus, pembahasannya berbeda beda disesuaikan dengan tingkat pendidikan.

 

Karena dilaksanakan pada masa pandemic Covid-19, kegiatan ini tentunya menerapkan protocol kesehatan yang ketat baik itu bagi pengajar, maupun adik-adik yang diajar. “Semua pihak yang terlibat diwajibkan untuk menggunakan masker,” ujar Annisa.

 

Salah satu siswa mengungkapkan kesannya ketika mengikuti kegiatan FISIP Mengajar “Dari kegiatan ini saya mendapatkan banyak ilmu, kenangan, teman baru, dan lain lain,” papar siswa kelas 6 SD yang bernama Alin Trian.

Previous Next