UPN “VETERAN” YOGYAKARTA GELAR WEBINAR KEWIRAUSAHAAN

  • 19 October 2021 , 12:25 PM
  • Oleh : Dewi Sukarelawati
  • 363
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman – Himpunan Mahasiswa Hubungan Masyarakat (HM Humas) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVYK) bersama dengan Qameo Pameo menyelenggarakan webinar tentang kewirausahaan yang mengangkat topik "Millennials Spirit: Invest Your Business Skill for Your Incredible Future” pada Sabtu (09/10/21) secara daring melalui platform Zoom Meeting. Narasumber yang dihadirkan bernama Abie Zaidannas selaku Founder sekaligus CEO dari Pameo.Co.

 

Wafa’ Sholihatun Nisa’ selaku ketua pelaksana  mengatakan webinar ini merupakan salah satu program kerja dari bidang eksternal HM Humas. Topik ini mengangkat permasalahan atau kebutuhan dari mahasiswa sebagai generasi milenial dalam mempersiapkan karir khususnya bagi yang ingin terjun dalam dunia bisnis.

 

“Semoga kegiatan webinar ini bisa menambah insight para peserta webinar tentang dunia bisnis, sehingga mereka mempunyai bekal dalam mempersiapkan karier di masa depan” papar Wafa ketika ditanya harapannya untuk peserta kegiatan webinar

 

Dalam paparannya, Abie Zaidannas mengatakan bahwa ketika memulai bisnis terdapat banyak hal yang harus diperhatikan, diantaranya adalah situasi pasar, keadaan politik dan ekonomi, kebutuhan dan kemauan klien, peluang baru, keuangan, serta branding. Oleh karenanya, seorang pebisnis harus memperhatikan setidaknya 3 rambu agar bisnisnya dapat berjalan lancar. Rambu pertama yaitu harus mampu melihat serta mengkalkulasikan resiko yang ada terkait dengan apa yang akan kita dapat dan apa yang akan kita keluarkan. Rambu kedua yaitu learning by doing, bukan hanya membaca teori tetapi seorang pebisnis harus mampu mengambil pembelajaran dari setiap proses yang dijalani. Rambu terakhir yaitu trial and error, ketika seorang pebisnis gagal ia harus mampu tetap berjalan untuk dapat berproses ke arah yang lebih baik.

 

Abie menambahkan tips ketika seseorang ingin membangun bisnis. Yang pertama adalah praktek-praktek-portofolio “praktek tanpa portofolio itu percuma, begitu pula sebaliknya,” ujar Abie. Tips kedua yaitu ngobrol-ngobrol-networking, dengan mengobrol dapat memberikan banyak ide serta membentuk networking yang berharga untuk bisa saling bertukar value positif. Tips ketiga yaitu kolaborasi, dalam menjalankan bisinis kolaborasi sangat penting dilakukan mengingat terbatasnya kemampuan seseorang. Tips keempat yaitu kerja keras karena dalam dunia bisnis yang membedakan seseorang bukanlah kecerdasannya melainkan kerja kerasnya. Tips terakhir yaitu simpati, empati, dan berbaik hati karena semua orang bisa merasakan dengan hati, maka apapun yang kita kerjakan dengan hati pasti akan sampai juga ke hati.

 

Abie juga memberikan pesan bagi pelaku bisnis baru agar bisa bersaing dengan pebisnis yang sudah terlebih dahulu terjun berbisnis. Ketika masuk menjadi pemain baru target utamanya adalah mendapatkan pasar, adapun strategi yang dapat dilakukan adalah 3P (Segmenting, Targetting, Positioning). Strategi konkrit lainnya yaitu menetapkan target pasar yang berbeda dengan kompetitor, serta ciptakan value yang menjadikan produk kita unik.

 

.

 

 

Previous Next