UPN VETERAN YOGYAKARTA MENERIMA KUNJUNGAN UNIVERSITAS PAPUA

  • Rabu 30 November 2022 , 10:58 AM
  • Oleh : Dewi
  • 292
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman -Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNV YK) menerima audiensi kunjungan dari Universitas Papua (UNIPA) Manokwari, Senin (28/11/2022). Ada empat perwakilan dari UNIPA yang datang, di antaranya Wakil Rektor IV, Dr. Alusius P.E. Widodo, S.Pt.,M.ScAg, Analisis Anggaran Ahli Muda, Manuel P. Rumayomi, S.Hut.,M.Si. Lalu Staf perencanaan dua orang yakni Suci Rokhimah, SE dan Frans Silas Lawari.

Dalam kunjungan ini, mereka diterima langsung oleh Rektor UPNV YK, Prof. Dr. Mohamad Irhas EffendI, M.Si dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dan Kerjasama, Dr. Ir. Singgih Saptono, M.T. Dalam kunjungan ini kedua belah pihak bercerita tentang kondisi objektif masing-masing kampus. Rektor UPNV YK menyampaikan apresiasi atas kunjungan UNIPA.

Dia bercerita setelah UPNV YK berubah dari PTN Satuan Kerja (Satker) menjadi BLU maka ada konsekuensi yang harus dijalankan. Inti dari badan layanan, kata Irhas, adalah peningkatan di sisi layanan.

"Akses layanan, luasan layanan, diversifikasi layanan atau jenis yang dilayani, ini adalah inti dari BLU. Maka supaya layanan lebih baik diberikan fleksibilitas pengelolaan keuangan," kata Rektor.

Proses menjadi PTN BLU bukan perkara mudah, ada beberapa tantangan yang dihadapi. PTN BLU harus mampu menganalisis dan membuat strategi bisnisnya ke depan. Bicara penerimaan dari BLU, kata Irhas, juga bisa didapatkan dari layanan-layanan riset kerjasama.

"Riset bersama misalnya mencari cadangan minyak dan gas (Migas) baru, memetakan sumur-sumur peninggalan Belanda, atau inventarisasi sumur idle," paparnya.

Setelah menjadi PTN BLU, saat ini UPNV YK tengah didorong menjadi PTN Berbadan Hukum (BH). Kendala menjadi PTNBH adalah soal pajak, apalagi jika terkena pajak progresif. Ini akan menjadi berat karena untuk membiayai pegawai non PNS menggunakan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

"Kami sudah diminta pada tahun 2024 menjadi PTNBH. Kendala PTNBH soal pajak, apalagi kena pajak progresif. Dengan Komisi X kami usulkan penghapusan pajak PT."

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dan Kerjasama, Dr. Ir. Singgih Saptono, M.T. menjelaskan, dengan menjadi PTN BLU artinya PTN punya fleksibilitas di dalam pengelolaan keuangan. Level tertinggi setelah PTN BLU adalah PTN BH, di mana PTN punya kewenangan penuh di dalam pengelolaan sumber daya dan keuangan.

"UPNV YK sendiri didorong untuk menjadi PTN BH pada 2024 mendatang. Jika sudah menjadi PTN BH, UPNV YK akan punya otonomi penuh untuk mengelola perguruan tinggi secara mandiri."

Previous Next