UPN "VETERAN" YOGYAKARTA WUJUDKAN MIMPI ANAK PENGEPUL RONGSOK

  • 14 June 2021 , 07:25 AM
  • Oleh : Dewi Sukarelawati
  • 366
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN, YOGYAKARTA - Ujian Ketrampilan dan Praktik untuk calon mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNVY) yang mengambil jalur Seleksi Mandiri (SM) melalui Penerimaan Jalur Prestasi (PJP) berjalan dengan lancar dan sesuai dengan Protokol Kesehatan (Prokes) Pengendalian dan Pencegahan Penularan dan Penyebaran Covid-19. Ujian Praktik dilaksanakan di Kampus UPNVY, Jalan Padjajaran, Condongcatur, dan di Kampus 2 UPNVY, Jalan Babarsari No.2, Tambak Bayan, Janti, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta, Minggu (13/6/2021). Hasil seleksi diumumkan Senin 21 Juni 2021.

 

Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.Si. selaku Rektor UPNVY menuturkan, UPNVY sebagai Kampus Bela Negara yang didirikan oleh Para Pejuang Veteran Republik Indonesia (RI) berkomitmen ingin membantu dan memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa dari seluruh Indonesia, yang memiliki prestasi dan unggul di bidang IPTEK, Olahraga, Seni, dan Keagamaan saat di SMA/SMK/MA.

 

"Untuk dapat meneruskan studi lebih lanjut ke jenjang yang lebih tinggi Strata satu (S1) atau Sarjana," ujarnya.

 

Raza Izzuddien Qossam Ramadhani salah satu peserta asal SMA Negeri 2 Semarang mengungkapkan rasa syukurnya karena bisa mengikuti ujian seleksi untuk menjadi mahasiswa baru di UPNVY.

 

"Di UPNVY, saya memilih jurusan Teknik Pertambangan dan Teknik Geofisika," kata pemuda kelahiran Semarang 20 November 2001 ini.

 

Walaupun sehari-hari orang tua Raza bekerja sebagai wirausaha pengepul rongsok logam, namun dia tidak berkecil hati. Terinspirasi oleh usaha orang tuanya sebagai pengepul rongsok logam, Raza yakin, lewat UPNVY dia bisa mewujudkan harapan dan mimpinya untuk menjadi seorang ahli di Bidang Pertambangan. Raza meyakini UPNVY lah kampus yang tepat untuk mewujudkan cita-citanya itu.

 

Raza memiliki prestasi Internasional di Bidang IPTEK. "Prestasi tertinggi yang pernah saya raih adalah Finalist ASEAN Geo-Smart Competition 2018 dan 2019, dan Juara Favorit Film Indonesia Inklusif 2019. Portofolio ini yang saya gunakan untuk mendaftar di SM UPNVY melalui Jalur Prestasi," kata anak pertama dari 3 bersaudara, pasangan M. Zaenal Abidin (53), dan Ratmini (52) ini.

 

Menurut Irhas Effendi, sebagai Perguruan Tinggi Negeri yang memiliki kekhasan di Bidang Studi Kebumian, Mineral, Migas, Lingkungan, dan Kebencanaan, tentunya UPNVY menjadi rujukan dan favorit bagi calon mahasiswa baru lulusan sekolah menengah tahun 2021.

 

"Namun, karena daya tampung yang terbatas, maka UPNVY harus adil dengan menerapkan seleksi ketat kepada ribuan calon mahasiswa barunya. Khusus untuk calon mahasiswa bibit unggul PJP yang diterima diharapkan akan memiliki komitmen kepada UPNVY dan bisa berkontribusi terhadap kemajuan Bangsa Indonesia," ungkapnya.

 

Irhas mengharapkan, melalui PJP UPNVY bisa mendapatkan bibit unggul sesuai bidang IPTEK, olahraga, seni, dan keagamaan sehingga bisa ikut mengangkat prestasi UPNVY, dan meningkatkan Indikator Kinerja Utama (IKU) Universitas, sekaligus menaikkan peringkat UPNVY di bidang kemahasiswaan.

 

Irhas menegaskan, Mahasiswa Baru yang diterima melalui PJP SM UPNVY 2021, harus mampu mengimplementasikan Lima Dasar Bela Negara yakni cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban, dan memiliki kemampuan awal bela negara.

 

"Baik saat menempuh studi, maupun setelah lulus nanti," imbuhnya.

Previous Next