400 Dosen dan Tendik Ditempa Latihan Militer

  • Senin 11 Desember 2017 , 12:00
  • Oleh : Dewi
  • 1323
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN – Sebanyak 400 dosen dan tenaga kependidikan (tendik) UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) ditempa pelatihan militer dasar dalam rangka pendidikan bela Negara. Mereka dilatih oleh para instruktur dari Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta Sabtu – Minggu (9-10/12/2017).

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr.Singgih Saptono,MT mengatakan pelatihan ini merupakan program UPNVY dalam membentuk karakter bela Negara kepada dosen dan tendik.

“Pelatihan ini merupakan program dalam mendukung visi UPN Veteran Yogyakarta untuk mencetak pionir pembangunan, sebagai kampus bela Negara dalam era global,” ujarnya dalam sambutan pembukaan, Sabtu (9/12/2017).

Singgih menambahkan pelatihan kali ini merupakan penyelenggaraan gelombang kedua. Sebelumnya pelatihan serupa dilaksanakan pada bulan Agustus sebanyak 400 peserta. Gelombang berikutnya juga akan dilaksanakan pada tahun depan dengan peserta dari tendik maupun mahasiswa.

Direktur Pengkajian AAU Kolonel Nav Budi Handoy dalam sambutannya mewakili Gubernur AAU menyampaikan bahwa sejatinya bela negara merupakan bentuk kewajiban setiap warga negara Indonesia untuk membentuk pemahaman dan bela negara meliputi kepemimpinan dan jiwa bela negara.

“Dengan dilaksanakannya diklat ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pemahaman akan bela negara dan mengaplikasikannya dalam mendidik para mahasiswa serta dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat,” ujarnya membuka pelatihan.

Dalam kegiatan yang  berlangsung selama 2 hari tersebut para peserta pelatihan mendapatkan materi tentang wawasan kebangsaan, pembekalan dari Kemhan, deradikalisasi, Peraturan Militer Dasar, Peraturan Baris berbaris serta materi Bela Negara. (wwj/humas)