FAJAR PERMADI, MAHASISWA UPN “VETERAN” YOGYAKARTA RAIH JUARA 1 DUTA GENRE DIY 2022

  • Jumat 22 Juli 2022 , 10:50 AM
  • Oleh : Dewi
  • 358
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman – Fajar Permadi, Mahasiswa Program Studi Teknik Pertambangan Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta berhasil meraih juara 1 putra Duta GenRe Daerah Istimewa Yogyakarta 2022. Duta Generasi Berencana (GenRe) sendiri merupakan program dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Program ini bertujuan untuk membentuk karakter bangsa bagi generasi muda terkait pendewasaan usia. Misalnya, menjauhi pernikahan dini, narkoba, dan seks pranikah.

 

“Saya tertarik menjadi duta GenRe karena kegiatannya langsung terjun ke lapangan untuk menyebarkan materi pada para remaja. Saya juga sadar bahwa remaja itu perlu diperhatikan karena mereka adalah masa depan negara kita. Saya juga ingin bermanfaat bagi lingkungan sekitar,” ujar Fajar.

Fajar mengaku tidak menyangka bisa terpilih menjadi Juara 1. Meski demikian, dirinya terus mempersiapkan diri untuk melanjutkan kompetisi pemilihan Duta GenRe di ajang nasional pada bulan Agustus nanti.

 

“Remaja adalah masa transisi dari anak-anak menuju dewasa. Pada masa ini terjadi banyak perubahan secara fisik maupun psikis. Hal inilah yang perlu kita pahami. Kami Duta GenRe DIY siap menjadi wadah untuk memberikan pemahaman mengenai materi-materi yang berhubungan dengan remaja,” tambahnya.

 

Ada beberapa program kerja yang ia jalankan sebagai Duta GenRe. Salah satunya adalah Sangu Urip yang berupa pemberian materi mengenai lima masa transisi remaja. Program ini dilakukan secara luring dan daring. Untuk kegiatan luring, Fajar mendatangi SMP/SMA, kafe, posyandu remaja, Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R), serta Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa (PIK M).

 

“Sangu dalam bahasa Indonesia berarti bekal dan Urip bermakna hidup. Selain itu, saya juga membuat karya berupa wayang GenRe (wayang Genta dan Rere) yang memakai busana khas Yogyakarta. Wayang ini saya gunakan sebagai media edukasi kepada remaja tahap awal 10-14 tahun,” jelasnya.

 

Dirinya mengaku juga membuat lagu berjudul Remaja Indonesia. Saat ini, lagu tersebut sudah masuk dalam tahap rekaman dan akan segera dirilis. Karya Fajar selanjutnya adalah batik GenRe.

 

“Jadilah remaja yang merencanakan masa depan dan mewujudkan setiap rencana dengan langkah yang tepat karena di masa depan kalian lah yang akan memimpin bangsa ini,” pungkasnya.

 

Previous Next