FTI Fasilitasi Mahasiswa, Memasuki Dunia Kerja

  • Kamis 11 Januari 2018 , 12:00
  • Oleh : Dewi
  • 1159
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN – Pembekalan kemampuan dan keahlian bagi mahasiswa yang akan memasuki dunia kerja kini menjadi semakin penting. Setelah lulus kuliah mahasiswa harus siap menghadapi persaingan antarpencari kerja yang saat ini tidak hanya berasal dari dalam negeri,  tetapi juga dari luar.

Hal ini menjadi tanggung jawab UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) dalam menyiapkan lulusannya agar mampu bersaing di dunia kerja. Untuk itu Fakultas Teknik Industri UPNVY menyelenggarakan seminar karier yang diselenggarakan di Ruang Seminar Gedung Agus Salim Kampus II Tambakbayan, Rabu (10/1).

Pada seminar kali ini menampilkan Nediyansyah, S.T dari Supply Chain & Manufacturing PT. Sport Glove Indonesia dan Ashari, Direktur PT. Hari Mukti Teknik Bantul.

“Kalau kita sudah masuk dunia kerja kita harus berpikir masa depan, jangan berpikir yang sudah ada pada saat ini” ujar Nediyansyah yang merupakan alumnus Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Industri UPNVY di depan para peserta seminar.

Menurut pria kelahiran Palembang, 11 Januari 1979 tersebut, kita harus selalu belajar untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian di dunia kerja. Apabila saat ini masih berpikir masa sekarang, tidak mau belajar dan meningkatkan kemampuan atau keahlian, pasti akan tertinggal.

Selain itu, lanjut Nediayansyah setelah masuk dunia kerja harus memiliki target. Dengan target, karir akan sejalan dengan capaian kesusksesan.

Sementara itu, Ashari dalam pembekalannya mengatakan, untuk meraih sukses setelah lulus kuliah harus memiliki mimpi.

Dirinya menceritakan awal mula membangun PT. Hari Mukti Teknik diawali dengan keinginan atau mimpi. Pada akhirnya tahun 2008 dapat berdiri perusahaan jasa kontruksi dan rekayasa teknik yang ia cita-citakan.

Dengan didukung karyawan, tambah Ashari, dirinya bertekad untuk memajukan usahanya agar mampu bersaing di pasar nasional maupun internasional.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik Industri dalam sambutannya yang disampaikan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Perencanaan, dan Kerja Sama Fakultas Teknik Industri Dr. Ir. Mahreni, M.T. mengatakan alumni diharapkan mampu menghadapi tantangan dunia kerja. Dengan bekal yang diperoleh di bangku kuliah, diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat, bangsa dan negara serta almamater.

Lebih lanjut Mahreni menyampaikan wisuda bukanlah sebuah akhir tetapi merupakan awal dari perjuangan untuk meniti karier dan menaklukkan tantangan yang lebih besar.

Mahreni berpesan agar para lulusan dapat mengemban amanah menjadi pioner pembangunan yang memiliki jiwa bela negara dan cinta tanah air sebagaimana yang diajarkan oleh kampus selama ini. (BMW-fti)