MAHASISWA UPN VETERAN YOGYKARTA GELAR SEMINAR NASIONAL TERKAIT INVESTASI

  • Minggu 03 Juli 2022 , 11:38
  • Oleh : Dewi
  • 1136
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Yogyakarta menggelar seminar Accounting Development Project (ADP) 2022 pada Minggu (3/7/2022) lalu. Dengan mengusung tema “Investasi Untuk Financial Planning Bagi Millenial” seminar dilakukan secara daring menggunakan media Zoom Meeting dan juga disiarkan secara langsung pada kanal YouTube Himasi UPNVY.

Zidan Naufal, selaku Ketua Pelaksana seminar ADP 2022 mengungkapkan tujuan dari diselenggarakannya acara seminar tersebut. “Tujuan dari acara ini yaitu untuk memberi bekal pengetahuan dan wawasan kepada peserta mengenai pasar modal dan investasi, terutama investasi pada instrumen reksadana,” ungkapnya.

Dalam pelaksanaan seminar nasional ini, terdapat dua narasumber. Narasumber pertama yakni I Gusti Ngurah Komang Suadnyana, MBA. dari PT Mirae Asset. Sedangkan narasumber kedua bernama Putu Damarathi yang merupakan seorang VP – Head of Intermediary Sales pada PT Trimegah Asset Management.

Pemaparan materi yang pertama dilakukan oleh I Gusti Ngurah Komang Suadnyana dengan membahas terkait Macro Economy and Earning Season. Selanjutnya, Ia pun turut membahas mengenai alasan mengapa harus melakukan investasi. “Mengapa kita harus melakukan investasi, yang pertama karena kenaikan biaya kebutuhan hidup semakin tinggi dan tidak sebanding dengan kenaikan penghasilan. Selain itu, dengan berinvestasi kita juga bisa melawan inflasi,” jelasnya.

Adapun pemaparan materi yang kedua dilakukan oleh Putu Damarathi. Dalam penyampainnya, Ia mengawali dengan menjelaskan kepada peserta terkait pentingnya setting the right mindset, memahami perbedaan antara yang diinginkan dan yang dibutuhkan.

Hingga kemudian, Putu melanjutkan membahas tentang pentingnya financial planning. “Dalam melakukan financial planning, terdapat tiga tahapan. Tahap pertama disebut proteksi, misalnya dana darurat, asuransi, dan sebagainya. Tahap kedua yakni life goals Investments, seperti reksa dana, obligasi, dan saham. Dan tahap ketiga adalah wealth creation, meliputi estate dan legacy,” jelas Putu dalam pemaparannya.

Terakhir, Mustaqim Huda, Ketua Himpunan Mahasiswa Akuntansi berharap dengan diselenggarakannya seminar nasional ADP 2022 kali ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh peserta dan orang-orang yang hadir pada acara tersebut. “Semoga acara kali ini dapat berjalan dengan lancar dan mampu bermanfaat buat teman-teman peserta atau semua yang ada di forum ini,” tutup Mustaqim.