PEMILIHAN REKTOR UPN "VETERAN" YOGYAKARTA MASUK TAHAP PENELUSURAN REKAM JEJAK

  • Jumat 07 Oktober 2022 , 01:56
  • Oleh : Dewi
  • 1553
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman - Pemilihan Rektor Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' Yogyakarta (UPNV YK) sudah masuk tahap penelusuran rekam jejak. Perwakilan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mewawancarai langsung tiga calon rektor UPNV YK secara daring.

Kegiatan wawancara digelar di Gedung Rektorat UPN YK, Kamis (6/10/2022), dihadiri Ketua Senat, Sekretaris Senat, Komisi Etika, Komisi Penelitian, Komisi Pengabdian, dan Panitia Pemilihan Rektor (Pilrek).

Tiga calon rektor yang mengikuti tahapan penelusuran rekam jejak di antaranya Dr. Awang Hendrianto Pratomo, S.T.,M.T,.; Dr. Ir. Barlian Dwinagara. M.T., dan Prof. Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.Si.

Ketua Senat UPNV VY Dr. Didit Welly Ujianto, M.Si menyampaikan proses seleksi kepada Kemendikbud Ristek dan sekaligus untuk mewawancarainya. Dia mengatakan sejauh ini proses pemilihan rektor berjalan lancar dan baik.

"Tiga nama calon rektor sudah kami serahkan kepada Kemendikbud Ristek untuk kemudian dilakukan wawancara. Kami berharap agar proses seleksi rektor ini berjalan lancar sampai akhir," ucapnya.

Menurutnya tiga calon rektor UPNV YK ini diuji oleh lima orang dari Kemendikbud Ristek. Di antaranya Sekretaris Jenderal, Inspektorat Jenderal, Staf Khusus Menteri Bidang Kompetensi dan Manajemen, Plt. Direktur Jenderal Dikti Ristek, dan Plt. Sekretaris Direktorat Jenderal Dikti Ristek.

"Beliau-beliau ini yang menguji tiga calon rektor UPNV YK. Wawancara secara daring ini dilakukan ke masing-masing kandidat secara bergantian," paparnya.

Dr. Joko Susilo, MT selaku Ketua Panitia Pemilihan Rektor periode 2022 – 2026 berharap siapapun pemimpin UPNV YK ke depan bisa membawa UPNV YK ke arah yang lebih baik. UPNV YK merupakan kampus yang memiliki ciri khusus menerapkan nilai-nilai Bela Negara dalam semua kegiatannya.

"UPNV YK selalu berupaya menerapkan nilai-nilai Pancasila. Bahkan ada mata kuliah yang mendukung pengetahuan mahasiswa tentang nilai-nilai Bela Negara," jelasnya.