Perayaan Natal Paguyuban Umat Kristiani UPNYK Berlangsung Khidmat dan Penuh Kasih

  • Selasa 16 Januari 2024 , 11:09
  • Oleh : Admin
  • 1000
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
Sesi ibadah Natal diisi oleh Pendeta Fendi Susanto. Sumber: Biro Humas UPNYK

INFOUPNYK - Paguyuban Umat Kristiani Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (PUKU) merayakan perayaan Natal dengan khidmat pada hari Senin, 15 Januari 2024, di Gedung Teknik Perminyakan UPNYK. Acara ini dihadiri oleh berbagai elemen yang tergabung dalam PUKU, mulai dari mahasiswa, alumni, serta civitas akademika UPN "Veteran" Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia, Brian Tony menyampaikan bahwa perayaan Natal kali ini mengusung tema "Kemuliaan bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi." Brian mengajak semua hadirin untuk merenungkan makna sejati Natal, yakni kasih tanpa syarat yang diberikan oleh Allah.

"Mari kita renungkan tentang makna sejati Natal yaitu kasih tanpa syarat yang diberikan Allah kepada kita semua. Kasih ini mengajarkan kita untuk saling mengasihi, berbagi kebaikan, dan menjaga perdamaian di antara sesama," ujar Brian dalam sambutannya (15/1/2024).

Perayaan Natal diisi dengan Misa Natal yang dipimpin oleh Pendeta Fendi Susanto. Suasana perayaan Natal berlangsung secara tenang dan diikuti oleh seluruh hadirin dengan damai. Acara ini juga menjadi ajang bagi seluruh civitas akademika yang tergabung dalam PUKU untuk saling menguatkan tali persaudaraan antar sesama umat Kristiani.

Ketua Panitia juga mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah mendukung perayaan Natal ini, termasuk kepada Bapak Pendeta Fendi yang memimpin misa natal. Dalam semangat Natal, Ketua Panitia mengajak semua untuk meninggalkan perbedaan dan bersukacita merayakan kelahiran Juruselamat, Yesus Kristus.

"Ada banyak kesalahpahaman, ketersinggungan, sikap atau perilaku maupun kata, kekurangan dalam perayaan, dan pembicaraan yang tidak baik, marilah kita meninggalkan itu semua dan bersukacita merayakan hari kelahiran juru selamat yakni Yesus Kristus," tambah Brian.

Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UPNYK, Dr. Drs. Susanta, M.Si. Dalam sambutannya Wakil Rektor menunjukan dukungan penuh terhadap perayaan Natal dan Tahun Baru PUKU 2023/2024. Ia mengakui pentingnya menjaga semangat toleransi, keberagaman, solidaritas, dan inklusivitas di lingkungan UPN "Veteran" Yogyakarta.

"Saya selaku Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UPN “Veteran” Yogyakarta mendukung pelaksanaan perayaan Natal dan Tahun Baru Paguyuban Umat Kristiani UPN “Veteran” Yogyakarta atau PUKU yang terdiri dari umat Katolik dan Protestan dari berbagai denominasi gereja," ucap Wakil Rektor dalam sesi sambutan (15/1/2024).

Wakil Rektor menekankan bahwa semangat pendirian kampus ini tidak terlepas dari nilai-nilai Pancasila yang mendukung kebhinekaan. Ia mengapresiasi kontribusi PUKU dalam memperkuat institusi dan menjalin semangat kebersamaan sebagai satu keluarga besar UPN "Veteran" Yogyakarta.

"Peran dan kontribusi para civitas akademika dari berbagai latar belakang etnis, suku, dan agama merupakan harta berharga yang dimiliki institusi ini untuk dapat saling melengkapi. Dalam hal ini, pengabdian yang telah dilakukan para civitas akademika PUKU yang telah memberikan warna dan memperkuat institusi ini sejak pendirian hingga saat ini," lanjutnya.

Dalam menghadapi masa depan, Wakil Rektor mengajak semua untuk menapaki tahun baru dengan semangat Natal, menjauhkan ketakutan dan prasangka, serta memandang perbedaan sebagai potensi yang memperkaya. Ia mengingatkan bahwa semangat Bela Negara yang nyata dalam perayaan Natal PUKU akan membuka jalinan kekeluargaan lintas iman.

"Dengan demikian, misi Bela Negara ini termanifestasi secara nyata dalam perayaan bersama Natal dan Tahun Baru PUKU yang telah membuka jalinan silaturahmi lintas iman seperti yang terjadi saat ini," pungkas Susanta.

Sebagai tambahan, perayaan Natal yang digelar oleh Paguyuban Umat Kristiani Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta kali ini menjadi yang pertam sejak pandemi Covid-19 di tahun 2020 silam.