Tips Jitu KRS Semester Genap 2023/2024 Buat Kamu Mahasiswa yang Masih Sering Bingung!

  • Sabtu 13 Januari 2024 , 05:04
  • Oleh : Admin
  • 3441
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
Seeorang mahasiswi sedang melakukan input KRS. Sumber: Humas UPNYK

Nih buat kamu, mahasiswa yang mau menghadapi semester genap 2023/2024, yuk simak tips buat bikin Kartu Rencana Studi (KRS) lebih gampang!

1. Bayar UKT Dulu
Sebelum nebak-nebak mata kuliah, pastikan dulu tagihan Uang Kuliah Tunggal (UKT) kamu udah disettle. Jangan ada tunggakan biar prosesnya makin lancar.

2. Curhat Sama Dosen Wali
Mumpung masih awal, mending curhat sama Dosen Wali. Diskusiin rencana studi, ambisi, atau apa aja yang lagi bikin kepala pusing. Dijamin Dosen Wali siap bantu!

3. Ceklis di NAKULA
Setelah curhat, pastiin dapat persetujuan resmi dari Dosen Wali lewat NAKULA. Ini biar semuanya jelas dan enggak ada miss komunikasi.

4. Catat Jadwal Input Matkul
Catet baik-baik jadwal input matkul sesuai Prodi kamu. Jangan sampe ketinggalan dan pastiin masukin matkul sesuai dengan jadwal yang udah ditentuin. Nah untuk cek jadwal input matkul sesuai Prodi, kamu bisa cek disini.

5. Jangan Kesiangan & Cek Koneksi Internet
Ingat, setelah periode input kelar, sistem bakal otomatis kunci matkul kamu. Jadi, jangan kebablasan dan pastiin semua udah selesai sebelum batas waktu habis. Pastikan juga koneksi internet kamu kenceng ya, supaya gak ada lagi matkul yang ketinggalan.

6. Kalau Ada yang Kurang Pas, Revisi
Kalo ternyata ada matkul yang dibatalkan atau ada matkul baru yang keren, manfaatin masa revisi. Ini peluang buat benerin atau nambahin matkul-matkul seru!

7. Minta Bantuan Bos Jurusan
Nah, kalo ngerasa perlu nambah kapasitas kelas atau minta buka kelas baru, langsung koordinasi sama Bos Jurusan atau Koordinator Prodi. Kalo ada masalah teknis juga bisa lho. Mereka yang punya kuasa!

Semoga dengan tips santai ini, proses input matkul kamu jadi lebih enjoy dan nggak pusing! Ingat, tetep pantengin info resmi dari Prodi supaya enggak ketinggalan update terbaru. Semangat buat semester baru!