UPN “Veteran” Yogyakarta Berpartisipasi dalam 35th International Geological Congress (IGC) 2016, Cape Town, Afrika Selatan

  • Jumat 09 September 2016 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1501
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

International Geological Congress merupakan kongres sedunia para ahli ilmu kebumian pada umumnya, dan geologi pada khususnya. Kegiatan ilmiah tersebut diselenggarakan secara rutin setiap 4 (empat) tahunan oleh International Union of Geosciences (IUGS). Pada tahun ini IGC dilaksanakan di Cape Town, Afrika Selatan, pada tanggal 28 Agustus hingga 2 September 2016, dihadiri oleh sekitar 7000 geosaintis dari seluruh dunia.

Atas dukungan dari Kedutaan Besar R.I. untuk Afrika Selatan di Pretoria, Prof. Dr. Sari Bahagiarti K., M.Sc dan Prof. Dr. Ir. C. Danisworo, M.Sc mewakili UPN “Veteran” Yogyakarta, berpartisipasi dalam IGC. Bu Sari mempresentasikan paper berjudul “Eruption of Mount Sinabung, North Sumatera, Indonesia, and SMS gateway for disaster early warning system”, sementara pak Danis paparan tentang “Yogyakarta and its surrounding as geotourism destination: Alternative media to transfer sciences and geological information to the society”. Selain kedua Guru Besar tersebut, alumnus Prodi Teknik Geologi, Ernowo S.T. M.T., dan Ayu Narwastu Ciptahening, S.T., M.Eng turut mengharumkan nama almamater dengan memaparkan karya-karya ilmiah mereka masing-masing di dalam perhelatan tersebut.

Di samping mengikuti IGC ke-35, delegasi UPN Jogja atas fasilitasi dari Konsulat Jenderal R.I. Cape Town berkesempatan melakukan penjajagan kerja sama dengan Western Cape University (WCU). Adapun dari WCU diwakili oleh Prof. Dirk Frei, Dekan Faculty of Natural Science. Bidang-bidang yang dapat dikerjasamakan antara lain ekonomi dan manajemen, ilmu sosial, rekayasa, perminyakan, manajemen bencana, serta warisan geologi. Penjajagan kerjasama ini diharapkan dapat segera ditindaklanjuti dengan penandatanganan MOU antara kedua universitas.

-------000-------