UPN “VETERAN” YOGYAKARTA DORONG MAHASISWA JADI WIRAUSAHA MUDA

  • Kamis 01 September 2022 , 03:37
  • Oleh : Dewi
  • 1275
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman - UPN “Veteran” Yogyakarta Mendorong Mahasiswa untuk jadi wirausaha muda melalui Webinar Enterpreneur bertajuk “From Small Beginnings Come Great Things”. Acara ini diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Mineral (BEM FTM), pada Sabtu (27/08/2022) lalu.

“Acara ini sangat penting bagi kita semua dan selaras dengan kurikulum merdeka belajar kampus merdeka untuk membangun kegiatan wirausaha,” jelas Sutarto selaku Dekan FTM.

Dirinya turut menjelaskan jika ada target Indonesia emas pada tahun 2045. Kala itu, mahasiswa sebagai penopang bangsa usianya telah sesuai. Karena itu, penting untuk mengasah kemampuan menjadi wirausaha.

Acara ini membawa tagline “Cari Cuan Sambil Rebahan”. Menurut Verdian Saroha Putra selaku Ketua Pelaksana, rebahan bisa dilihat dari sudut pandang baru. Misalnya, rebahan dimaknai sebagai istirahat atau memikirkan ide. Hal terpenting adalah bisa menghasilkan uang tanpa tekanan melalui hobi yang diminati. Dari webinar ini juga akan ada kelanjutan kompetisi lanjutan berupa desain kaos untuk menyalurkan bakat para mahasiswa.

“Sukses itu tidak instan karena mengambil banyak waktu dan energi. Sepanjang jalan juga akan banyak rintangan. Karena itu, kita harus mengerti tujuan personalnya dulu,” ujar CEO Vintage House Indonesia & PUKKA Offcial, Saskia Nandina Aprilia selaku pembicara.

Menurut Saskia, sukses itu harus terencana. Dengan memiliki rencana yang matang, ia meyakini jika seseorang bisa mengalahkan orang yang pandai. Ia menjelaskan jika memasang target tanpa adanya strategi hanyalah mimpi belaka.

“Beri value yang membedakan produk kalian dengan kompetitior. Cara cara agar orang bangga beli produk kamu,” tambahnya.

Qolbun Salim As Shidiqi selaku pembicara kedua turut mengatakan jika sebelum memiliki bisnis yang besar, mayoritas pengusaha itu berawal dari seorang wirausaha. “Kadang kita terlalu sibuk mencari cara untuk sukses, tapi gatau gimana menghadapi kegagalan. Bisnis itu pertukaran value. Jadi, masalah apa yang bisa kamu selesaikan dengan bisnismu?” kata Senior Graphic and Motion ini.

Steven S Frederick Saragih selaku Wakil Ketua BEM FTM turut mengungkapkan harapannya melalui kegiatan ini. “Semoga ini menjadi langkah awal teman-teman untuk mendapatkan ilmu demi bisa menjadi wirausawa. Jika kegiatan dilakukan sesuai dengan minat dan hobi tentu akan terasa nyaman.”