English Debate dan Cerdas Cermat Meriahkan Dies Natalis ke-65 UPNYK

  • Selasa 12 Desember 2023 , 11:06
  • Oleh : Admin
  • 891
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
Pemaparan gagasan oleh peserta English Debate Competition. Sumber: Biro Humas UPNYK

INFOUPNYK – Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNYK) English Debate Competition (EDC) dan lomba cerdas cermat bagi siswa/siswi SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (9/12/2023). Kegiatan yang diselenggarakan untuk memeriahkan Dies Natalis ke-65 UPNYK ini mengusung tema besar Bela Negara.

English Debate Competition mengangkat tema "Realizing the Value of National Defense through Food Security". Mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional, Rayyan Permana, sebagai juri EDC, menyatakan harapannya bahwa kompetisi ini dapat melatih siswa dalam mengangkat gagasan untuk menjawab tantangan global. Menurutnya, kompetisi debat memberikan kemampuan untuk memahami dan menyusun gagasan relevan terhadap isu-isu terkini.

"Terdapat struktur tertentu yang harus dipenuhi seperti urgensi argumen, alasan kenapa diangkat, dan purpose (tujuan). Kemudian bagaimana argumen yang dibawa, apakah argumen tersebut masuk akal untuk diterapkan di dunia yang sebenarnya. Selanjutnya adalah cara penyampaiannya," ujar Rayyan seusai acara lomba.

Sementara itu, Lomba Cerdas Cermat Bela Negara, diikuti oleh 10 kelompok siswa dari berbagai SMA se-DIY. Ellen Rosyelina Sasmita, M.P., Ketua Jurusan Agroteknologi UPNYK dan juri kompetisi ini, menjelaskan pentingnya memahami nilai-nilai bela negara sejak usia dini. "Para generasi muda harus semakin cinta tanah air, salah satunya melalui nilai-nilai dasar bela negara yang diangkat pada kompetisi ini," tutur Ellen.

Salah seorang peserta, Latifa Aulia Rahma dari SMA Negeri 1 Yogyakarta mengaku timnya hanya memiliki waktu persiapan dua hari. Kendati demikian timnya berhasil meraih juara 1 dalam perlombaan tersebut. "Persiapan cuma dua hari jadi kita mempelajari modul 4 pilar ternyata tadi materinya banyak yang keluar jadi pertanyaan. Kami membagi poin-poin materinya merata dalam satu tim," ucap Latifa saat diwawancarai tim INFOUPNYK seusai perlombaan.

Berikut hasil akhir kejuaraan tersebut.

English Debate Competition

Juara I (Champion) SMAN 8 YOGYAKARTA Tim C
Juara II (Runner Up) SMAN 1 Bantul
Best Speaker: Muhammad Hilmi Romadhoni dari SMA 8 (Tim B)

Lomba Cerdas Cermat Bela Negara

Juara I SMAN 1 Yogyakarta
Juara II SMAN 1 Yogyakarta
Juara III SMAN 6 Yogyakarta
Juara Harapan SMAN 1 Pakem

Penulis: Dimas Siradje