UPNYK Gelar Anugerah Humas, Jadi Ajang Peningkatan Kualitas Lembaga di UPNYK

  • Kamis 14 Maret 2024 , 01:05
  • Oleh : Admin
  • 1879
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
Panji (kiri) menyerahkan hadiah kepada pemenang Anugerah Humas UPNYK 2024. Sumber: pribadi

INFOUPNYK - Dalam rangka peningkatan kualitas lembaga, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNYK) melalui Biro Humas dan Kerja Sama UPNYK mengadakan Anugerah Humas bagi seluruh lembaga di UPNYK. Ajang ini diikuti oleh seluruh Program Studi, Fakultas, lembaga, dan seluruh Organisasi Kemahasiswaan (OK) di UPNYK.

Panji Dwi Ashrianto, selaku Koordinator Biro Humas dan Kerja Sama UPNYK menyampaiakan ada beberapa kriteria yang dilombakan pada ajang ini, melingkupi aktifitas laman, kerja sama, video profile, pengelolaan media sosial unit, pengelolaan media sosial OK, hingga anugerah untuk media berita. Kategori ini diambil berdasarkan tujuan awal Biro Humas dan Kerja Sama UPNYK, yaitu sosialisasi kebijakan, pelayanan, dan penyebarluasan informasi.

"Biro Humas UPNYK bertujuan untuk mampu mensosialisasikan kebijakan, pelayanan, dan penyebarluasan informasi. Sehingga dari tujuan itu kita pecah jadi beberapa kategori untuk Anugerah Humas UPNYK 2024 ini," ujar Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi itu.

Anugerah Humas menjadi sarana bagi Biro Humas dan Kerja Sama UPNYK untuk mengawasi dan memberikan evaluasi atas kinerja kehumasan dari tiap unit dan OK di lingkungan UPNYK.

"Untuk penyebarluasan informasi tentu perlu keselarasan antara unit paling atas (Rektorat) sampai seterusnya di tiap fakultas, jurusan, hingga organisasi kemahasiswaan. Anugerah Humas ini jadi salah satu cara memantau keselarasan dari sebarluasan informasi tersebut," tambah Panji.

Salah satu yang menjadi pemenang adalah Himpunan Mahasiswa prodi Hubungan Masyarakat UPNYK (HM HUMAS UPNYK) dalam kategori pengelolaan media sosial OK. Albertus Krisna, selaku Ketua HM HUMAS UPNYK mengaku bangga dengan capaian ini. Dirinya merasa prestasi ini adalah hasil dari kolaborasi seluruh pengurus organisasinya.

"Sangat bersyukur, berkat kinerja dan sumbangsih dari seluruh pengurus HM HUMAS UPNYK, predikat ini dapat kami raih," ungkap Krisna

Dirinya berpendapat, prestasi ini menjadi komitmen organisasinya untuk mempertahankan kualitas pelayanan dan penyebarluasan informasinya sehingga kolaborasi antara unit dan organisasi kemahasiswaan dapat terjalin lebih baik.

"Tentunya ini menjadi tanggung jawab bagi kami untuk bisa mempertahankan atau bahakn meningkatkan kualitas layanan dan penyebarluasan infromasi dari media sosial kami," pungkas mahasiswa prodi Hubungan Masyarakat ini.

Untuk informasi, berikut adalah daftar juara dari masing-masing kategori dalam ajang Anugerah Humas UPNYK 2024:

Anugerah Laman/ Website
Juara 1 : Prodi Administrasi Bisnis (ab.upnyk.ac.id)
Juara 2 : Prodi Agroteknologi (agrotek.upnyk.ac.id)
Juara 3 : LP3M (lp3m.upnyk.ac.id)

Anugerah Kerjasama
juara 1 : Magister ilmu komunikasi
juara 2 : S1 Prodi Ilmu Tanah
juara 3 : S1 Prodi Agroteknologi

Video company Profile
juara 1 : Jurusan Ilmu Komunikasi
juara 2 : Jurusan hubungan Internasional
juara 3 : UPT Perpustakaan

Anugerah Media sosial Unit
juara 1 : FISIP UPNYK
juara 2 : KOMUNIKASI UPNYK
juara 3 : AGROTEKNOLOGI UPNYK

Anugerah Media sosial OK
juara 1 : hm humas -Himpunan Mahasiswa Prodi Humas
juara 2 : avikom - KSM AVIKOM JURUSAN IK
juara 3 : crast fm - KSM RADIO JURUSAN IK

Anugerah Media/jurnalis
juara 1 : Harian Jogja