764 Mahasiswa dan Dosen Ikuti Upacara Hari Bela Negara

  • Rabu 20 Desember 2017 , 12:00
  • Oleh : Dewi
  • 1143
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SURABAYA – Sebanyak 659 mahasiswa dan 105 dosen pendamping mengikuti upacara Hari Bela Negara ke-69, Selasa (19/12/2017) di Lapangan Komando Latihan Armada Republik Indonesia Kawasan Timur (KOLAT KOARMATIM), Surabaya. Para mahasiswa dan dosen pendamping yang berasal dari 44 Perguruan Tinggi Negeri Baru di Indonesia tersebut rencananya akan berpartisipasi dalam kegiatan Pelayaran Bela Negara.

Dalam amanat Presiden RI Ir. Joko Widodo yang disampaikan oleh  Inspektur Upacara, Kolonel Arh Eko Wibowo K menyampaikan, sejarah mencatat bahwa Republik Indonesia bisa berdiri tegak sebagai bangsa yang berdaulat karena berkorbannya semangat bela negara dari seluruh Rakyat Indonesia, seluruh rakyat ikhlas mengorbankan jiwa dan raganya untuk tanah air.

Oleh karena itu, momentum peringatan Hari Bela Negara ke-69, Presiden RI mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk melakukan aksi nyata dalam pembelaan negara.

“Ingatlah bahwa dimasa sekarang, tantangan terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah maupun keselamatan bangsa Indonesia, tidak lagi bersifat multidimensional dan berada di setiap lini kehidupan, “ ujar Eko dihadapan para peserta upacara.

Pada kegiatan ini  UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) mengirimkan 96 mahasiswa dan 16 dosen pendamping. Bertindak sebagi ketua rombongan dari UPNVY, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Ir. Singgih Saptono,M.T mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi madi mahasiswa seluruh Indonesia yang mengikrarkan diri untuk bela Negara.

“Pelayaran kebangsaan ini menunjukkan bahwa Indonesia adalah Negara maritim. Dalam pelayaran mahasiswa akan ditempa karakternya sesuai nilai-nilai bela Negara,” ujar Singgih. (HKN/FEB)