Hasan Khoiri Menjadi Wisudawan Sarjana Terbaik dan Paling Senior di Wisuda Periode IV UPN “Veteran” Yogyakarta

  • Senin 25 Juli 2022 , 04:48 AM
  • Oleh : Dewi
  • 426
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman—Hasan Khoiri meraih predikat wisudawan program sarjana paling senior secara usia di Wisuda Periode IV Tahun Akademik 2021/2022 UPN “Veteran” Yogyakarta. Hasan berhasil menyelesaikan program sarjana di usia 47 tahun. Bukan hanya itu, ia juga berhasil meraih predikat sebagai wisudawan terbaik dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,8.

 

Pendidikan terakhir Hasan adalah Diploma 3 Komputer dan Sistem Informasi Universitas Gadjah Mada (UGM) pada tahun 2009. Saat ini, ia bekerja di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai Analis Sumber Daya Manusia Aparatur. Ia kemudian diberi kesempatan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mengembangkan kompetensi dengan melanjutkan studi di UPN “Veteran” Yogyakarta.

 

“Sebagai wisudawan senior, Alhamdulillah ada kesempatan menempuh studi dari Pemda DIY untuk pengembangan kompetensi. Untuk itu kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemda DIY dan UPN “Veteran” Yogyakarta yang telah menerima kami untuk menempuh studi,” ungkap Hasan.

 

Hasan tercatat sebagai mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta pada tahun 2018 Jurusan Ekonomi Akuntansi dan berhasil menyelesaikan masa studinya dalam jangka waktu 3 tahun 7 bulan. Selama menjalani perkuliahan, Hasan mengaku tidak mengalami kesulitan berarti meskipun menjalani perkuliahan sambil bekerja.

 

“Hanya situasi pandemi membuat sistem pembelajaran kurang maksimal menurut saya,” kata Hasan menambahkan. Hasan juga memiliki kesulitan dalam mengelola waktu untuk kuliah dan bekerja. “Untuk mengelola waktu, karena kita kuliah sambil bekerja memang mutlak harus dilakukan dengan sebaik-baiknya. Pekerjaan diusahakan selesai tepat waktu, sehingga saat perkuliahan bisa fokus.”

 

Sedangkan untuk mempertahankan IPK agar tetap baik, Hasan mengungkapkan bahwa dirinya sering membaca literatur untuk mendukung materi perkuliahan, melakukan diskusi dengan teman, serta mencari contoh-contoh soal ujian tahun sebelumnya. Setelah merampungkan program sarjana, Hasan mengaku tertarik untuk lanjut ke program pasca sarjana.

Di akhir wawancara, Hasan menyampaikan harapannya kepada seluruh pelajar di Indonesia untuk terus mencari ilmu dan menambah wawasan. “Janganlah berhenti belajar selama hayat masih dikandung badan. Bila ada kesempatan, saya ingin lanjut S2,” tutup Hasan dengan penuh harap.

Previous Next