PELATIHAN TEKNIK DASAR NEGOSIASI UNTUK KAUM MUDA DI BAJAWA, NGADA, NUSA TENGGARA TIMUR.

  • Kamis 23 Juni 2022 , 08:15 PM
  • Oleh : Dewi
  • 694
UPN VETERAN Yogyakarta

Jurusan IImu Hubungan Internasional, FISIP, UPN Yogyakarta menyelenggarakan Pelatihan Dasar Teknik Negosiasi yang diwakili oleh Dr. Nikolaus Loy dan Dr. Iva Rachmawati. Pelatihan tersebut terselenggara atas kerjasama dengan Yayasan Arnoldus Wea. Yayasan Arnoldus Wea merupakan yayasan nirlaba didirilan oleh alumni Jurusan IImu Hubungan Internasional angkatan 2002. Yayasan tersebut bergerak untuk memberdayakan pemuda agar dapat menjadi generasi yang kreatif, produktif dan mandiri yang berada di Ngada, Nusa Tenggara Timur. Pelatihan yang diperuntukkan kaum muda tersebut bertujuan untuk memberikan ketrampilan dasar negosiasi guna menyelesaikan konflik yang ada di sekitar mereka. Konflik tidak hanya berupa konflik individual tetapi konflik-konflik yang lebih besar seperti konflik sosial, adat bahkan konflik politik.

Konflik yang pernah terjadi terkait dengan penyelenggaraan pasar meninggalkan ketidaknyamanan yang berkepanjangan. Rasa tersebut merupakan menjadi penanda bahwa, ketrampilan negosiasi perlu dikuasai oleh masyarakat untuk dapat mempertahankan atau memperoleh kebutuhan mereka. Pelatihan yang diselenggarakan seIama1 hari bertempat di Biara Carmel OCD, Bajawa, Ngada dan diikuti oleh 25 peserta yang berasal dari mahasiswa, LSM, staf Pemda dan aktifis.

Selain memberikan bekal berupa materi teori negosiasi, peserta juga diajak untuk melakukan role play untuk menyelesaikan kasus konflik tertentu. Pelatihan berlangsung dengan cukup baik dan peserta sangat antusias. Panitia berharap pelatihan semacam ini dapat diselenggarakan lagi dikemudian hari  demi peningkatan kualitas negosiasi masyarakat dalam menyelesaikan perbedaan.

Previous Next