Tiga Rektor UPN Veteran Raih Penghargaan Bintang LVRI

  • Jumat 12 Agustus 2022 , 09:50 AM
  • Oleh : Dewi
  • 388
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman – Tiga Rektor UPN Veteran Se-Indonesia diantara yaitu Rektor UPN "Veteran" Yogyakarta Prof. Dr. M. Irhas Effendi, M.Si., Rektor UPN Veteran Jakarta Prof. Dr. Erna Hernawati, Ak, CPMA, CA, Rektor UPN Veteran Jawa Timur Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi, MMT.,IPU,. menerima penganugerahan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dari Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LVRI  Mayjen TNI (Purn) Saiful Sulun.

 

Penghargaan ini juga diberikan kepada mendiang Prof. Bambang Soeroto selaku Rektor UPN Veteran pertama sekaligus selaku pendiri UPN Veteran yang diwakili oleh anak almarhum, Ir. Bambang Wicaksono, MT. dalam acara Peringatan Hari Veteran Nasional DPP LVRI yang digelar di Aula Bersama UPN Veteran Jawa Timur Rabu (10/8/2022).

 

Ketua Umum DPP LVRI , Mayjen TNI (Purn) Saiful Sulun dalam sambutannya menyatakan bahwa penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi DPP LVRI terhadap kerja keras ketiga Rektor UPN Veteran dalam mengembangkan amanah para pendiri UPN.

 

“Semoga tiga Rektor UPN Veteran semakin mengembangkan jiwa, semangat, dan nilai-nilai 1945 atau JSN’45 untuk menjadi materi menarik guna membangun karakter perjuangan bagi generasi muda, khususnya mahasiswa UPN.

 

Rektor UPN "Veteran Yogyakarta", Prof. Dr. M. Irhas Effendi, M.Si mengucapkan terima kasih atas Penganugerahan Bintang LVRI ini. Menurutnya ini adalah penghargaan yang luar biasa dan membuatnya terharu.

 

LVRI, kata Rektor, berisi kumpulan orang-orang hebat dan berjasa kepada Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Banyak perjuangan dan pergorbanan yang patut dicontoh dari para Veteran ini.

 

"Bagi saya Anugerah Bintang LVRI ini adalah amanah yang harus saya jaga. Dari lubuk hati yang paling dalam saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Mari teruskan semangat dan perjuangan para Veteran," ujarnya selepas menerima penghargaan, Rabu (9/8/2022).

 

UPN "Veteran" selalu siap sedia menjadi pelopor dalam mencetak generasi unggul yang memiliki komitmen bela negara serta jiwa, semangat nilai-nilai kejuangan 1945," tegasnya

 

Lebih lanjut dia mengatakan, para Veteran di zamannya berjuang dengan mengangkat senjata. Di masa kini perjuangan  bisa diteruskan dengan terus mengaplikasikan jiwa-jiwa bela negara.

 

Bertanggungjawab dan bersungguh-sungguh dalam menjalan tugas serta menjaga kejujuran. Penanaman jiwa bela negara ini sangat penting dalam membangun bangsa Indonesia agar semakin maju ke depannya.

Bambang Wicaksono selaku putera Almarhum dan pendiri RektorUPN Veteran pertama Prof. Bambang Soeroto menyampaikan merasa bersyukur dan bangga atas sumbangsih  Ayahanda-Nya dalam mengabdi kepada NKRI dengan ikut membatu mencerdaskan kehidupan Bangsa dengan mendirikan APN Veteran  bersama - sama teman - temannya mendidik para Veteran dan generasi penerus untuk mewujudkan cita - cita Proklamasi 1945.

 

“Mari bersama-sama mengabdikan diri untuk negeri dan dan teruslah raih prestasi, ini pesan Bapak untuk penerus bangsa,” ucap Ir. Bambang Wisaksono, MT selaku anak pendiri UPN Veteran pertama.

 

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan nota kesepakatan tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi dan penanaman JSN’45 oleh Ketua Umum DPP LVRI dan tiga Rektor UPN sebagai simbol terbentuknya kolaborasi dua generasi dalam upaya membangun negeri yang lebih baik.

 

Penganugrahan ini  dihadiri oleh tamu kehormatan, yakni Menteri Pertahanan RI, yang hadir ini diwakili oleh Dirjen Pothan Kemhan, Mayjen TNI Dadang Hendrayuda, Gubernur Jawa Timur, diwakili asisten I Benny Sampirwanto, Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Nurchahyanto, M.Sc. Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, SIK, SH, MH, Kajati Jawa Timur, Dr. Mia Amiati, SH, MH, Para pengurus pusat Pemuda Panca Marga, para anggota Veteran dan beberapa tamu undangan lainnya,

 

 

Previous Next