UPN VETERAN YOGYAKARTA DAN HKTI KERJASAMA PENINGKATAN KETAHANAN PANGAN

  • Selasa 15 Maret 2022 , 09:55
  • Oleh : Dewi
  • 1735
  • 1 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_ UPN "Veteran" Yogyakarta (UPNVY) menjalin kerjasama dengan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI). Kolaborasi keduanya dilakukan dalam rangka menguatkan ketahanan pangan Indonesia.

Salah satu kerjama kedua instansi diwujudkan melalui penandatangan nota kesepahaman antara UPNVY dan HKTI tentang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Penandatangan nota kesepahaman dilakukan oleh Rektor UPNVY, Prof. Dr. M. Irhas Effendy dengan Ketua HKTI, Jendral (Purn) Dr. Moeldoko di Jakarta, 2 Maret 2022.

Irhas Effendy di UNVY, Selasa (15/3/2022) mengungkapkan, realisasi kerjasama yang dilaksanakan bersama HKTI meliputi bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Selain itu pelaksanaan Program Merdeka Belajar.

"Kerjasama ini juga dilaksanakan dalam rangka peningkatan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia kedua belah pihak," jelasnya.

Rektor menambahkan, selama empat tahun kedepan berbagai program dilaksanakan UPNV bersama HKTI. Diantaranya konsultasi dan pendampingan pelaksanaan program kerja HKTI terkait bidang pendidikan, penelitian dan pelatihan untuk peningkatan kapasitas anggota.

Kajian dan rekomendasi akademis terkait program-program strategis HKTI juga dilaksanakan. Selain itu UPNV melakukan studi kelayakan penerapan program strategis HKTI serta dukungan kelembagaan bagi penyelenggaraan program pengabdian kepada masyarakat yang dijalankan UPNVY serta Program Merdeka Belajar.

"Kerjasama ini mensinergikan potensi dan sumber daya yang dimiliki kedua belah pihak serta mewujudkan peraturan Kemendikbudristek tentang kampus merdeka," ungkapnya.