DORONG PKM, BEM FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UPN VETERAN YOGYAKARTA GELAR WEBINAR PKM

  • Senin 14 Maret 2022 , 03:46
  • Oleh : Dewi
  • 2077
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Menjelang pelaksanaan PIMNAS 2022, Departemen Keilmuan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UPN Veteran Yogyakarta menggelar Webinar Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pada Minggu (13/03/2022) secara virtual melalui Zoom Meeting. Dengan bertajuk “Strategi Pengembangan dan Penulisan Proposal Menuju PIMNAS 2022” webinar PKM dapat diikuti oleh seluruh masyarakat FEB UPN Veteran Yogyakarta.

Dengan mengundang narasumber Ibu Adeng Pustikaningsih S.E., M.Si yang merupakan dosen UNY sekaligus pembimbing PKM, webinar tersebut banyak membahas mengenai berbagai tips seputar kegiatan PKM. Mulai dari mindset tentang PKM, sosialisasi pedoman dan panduan PKM, hingga tips dan trik dalam mengikuti PKM.

Pada awal pemaparannya, Adeng mengajak mahasiswa agar memiliki mindset yang sama ketika mendengar kata PKM. “Sebelum berbicara jauh tentang proposalnya, kita harus satu mindset tentang PKM,” ujarnya. Ia kemudian melanjutkan, “Dalam menyikapi PKM, kita harus menggunakan mindset pola berpikir. Bahwa PKM adalah sebuah tantangan, sesuatu yang baru, dan dapat membangun softskill. Sehingga PKM ini harus dipandang sebagai kebutuhan agar kita dapat maksimal saat mengikutinya.”

Setelahnya, Adeng melanjutkan penjelasannya tentang perubahan pedoman pelaksanaan PKM. “Kalau di 2021, ada 9 buku pedoman dan 1 buku pedoman (PKM-KI). Sedangkan di tahun 2022 ini, terdapat 1 buku pedoman umum dan 10 petunjuk teknis PKM,” jelasnya. Ia juga turut menjelaskan terkait dengan bidang-bidang yang terdapat dalam PKM. “Jika sebelumnya PKM hanya ada 5 bidang, saat ini PKM sudah berubah menjadi 9 bidang,” paparnya.

Sembilan bidang dalam PKM tersebut yakni meliputi:

  1. PKM Riset (PKM-R): Pengamatan mendalam berbasis Iptek untuk mengungkap informasi baru, baik di bidang eksakta ataupun sosial humaniora dan seni.
  2. PKM Kewirausahaan (PKM-K): Produk Iptek sebagai komoditas usaha mahasiswa.
  3. PKM Pengabdian Masyarakat (PKM-PM): Solusi Iptek (teknologi/manajemen) bagi mitra non-profit.
  4. PKM Penerapan Iptek (PKM-PI): Solusi Iptek (teknologi/manajemen) bagi mitra profit.
  5. PKM Karsa Cipta (PKM-KC): Karya berupa hasil konstruksi karsa yang fungsional.
  6. PKM Karya Inovatif (PKM-KI): Karya berupa hasil karya fungsional inovatif, solutif skala penuh, berbasis iptek, dan siap diproduksi masal.
  7. PKM Video Gagasan Konstruktif (PKM-VGK): Isu SDGs dan isu nasional.
  8. PKM Gagasan Futuristik Tertulis (PKM-GFT): Karya tulis memuat ide berupa konsep perubahan di masa depan.
  9. PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI): Artikel ilmiah hasik kegiatan akademik mahasiswa.

Selanjutnya, Adeng pun turut memberikan tips yang harus segera dilakukan mahasiswa ketika ingin mengikuti PKM. “Hal yang harus segera dilakukan adalah membaca buku panduan PKM, mencari tim diusahakan lintas bidang, memilih skema PKM sesuai dengan keahlian, menemukan ide, memilih dosen pembimbing, memilih anggota PKM, mencari referensi, dan segera menulis proposal,” tuturnya.

Terakhir, Dhanisa Ayu Rizqiana, mahasiswa Akuntansi 2019 yang merupakan ketua pelaksana webinar berharap agar kegiatan ini dapat menumbuhkan jiwa-jiwa kreatif mahasiswa, khususnya mahasiswa FEB UPN Veteran Yogyakarta. “Saya berharap webinar ini dapat menumbuhkan jiwa kreatif mahasiswa dan menambah pengetahuan para peserta dalam penyusunan proposal PKM agar semakin kreatif serta dapat mengharumkan UPN Veteran Yogyakarta menuju PIMNAS 2022,” tutup Dhanisa.