UPN VETERAN YOGYAKARTA DUKUNG MBKM MELALUI PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA (PPM)

  • Minggu 21 Agustus 2022 , 07:00
  • Oleh : Dewi
  • 2238
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_ Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta  (UPN V YK)  mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melalui program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PPM). Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengambil perkuliahan selama 1 atau 2 semester pada program studi lain. Dalam hal ini, Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' Yogyakarta (UPNVY) turut andil sebagai wadah pelaksana dan partisipan yang mengirimkan delegasi perwakilan sebanyak 30 mahasiswa ke berbagai universitas lain.

"Mahasiswa tidak hanya sekedar mendapatkan ilmu di kampusnya, tetapi di luar kampus (dan) diharapkan akan mendapatkan soft skill, itu yang utama," kata Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Suharsono, M.Si, Sabtu (20/8/2022).

Dr.Suharsono, M.Si mengungkap rasa bangganya karena UPNVY kembali dipercaya untuk menyediakan layanan PMM MBKM dan antusias dari mahasiswa luar yang ingin belajar di UPNVY sangat banyak.

"UPNVY bisa melayani pembelajaran dengan baik. Kami merasa bangga dengan banyaknya mahasiswa dari luar yang belajar di UPN, ini adalah salah satu pertunjuk bahwa kita semakin dikenal dan mahasiswa luar banyak yang ingin belajar di tempat kita walaupun hanya satu semester saja," paparnya.

Koordinator MBKM UPNVY, Oliver mengatakan mahasiswa berkesempatan untuk merasakan pengalaman berkuliah di universitas lain di Indonesia dan ikutserta dalam Modul Nusantara, mata kuliah, dan berbagai aktivitas terkait yang dapat memperoleh pengakuan kredit hingga 20 SKS.

Lebih lanjut, Oliver menjelaskan 78 delegasi dari Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia yang akan mengikuti PMM di UPNVY akan dikenalkan dengan sejumlah budaya Jawa yang ada di Yogyakarta.

"Mereka ada modul Nusantara, nah itu di tiap akhir minggu mereka akan diagendakan untuk pengenalan budaya, terlebih budaya jogja budaya jawa khusus untuk mahasiswa pertukaran," ujar Oliver saat diwawancarai oleh Tim Tugu Jogja, Sabtu (20/8/2022).

"Kalau bicara pertukaran mahasiswa, mahasiswa se Indonesia bersatu untuk kemudian bisa belajar dan mengenal budaya, sehingga mereka bisa memberikan penghargaan terhadap budaya budaya nasional," lanjutnya.

Melalui PMM MBKM ini, Oliver berharap para mahasiswa dapat mengikuti program tersebut dengan baik dan bisa mengambil banyak manfaat belajar di UPNVY.

"Mereka bisa mendapat keilmuan sesuai pendidikan yang diambil, ekuvalensi dari sana dan ada ciri khas yang mewarnai budaya dari tempat tersebut. Besar harapan mereka membawa cerita dalam hidup karena mereka akan sharing apa yang mereka dapatkan disitu." pungkasnya

Sebagai delegasi mahasiswa dari Universitas Taduloka, Imam Fauzi mengaku memilih UPNVY sebagai kampus tujuan dalam PMM ini karena ingin mengenal budaya dari kota lain. Ia berharap, bisa membagikan pengalamannya saat kembali ke kampus asalnya.

"Lebih ingin mengenal budaya dari kota lain dari temen-temen yang lain juga yang datang, dan lebih banyak belajar lagi dari perbedaan masing-masing universitas, Jadi bisa mengenalkan ke teman teman nanti di universitas disana" kata Imam Fauzi.