UPN VETERAN YOGYAKARTA SALURKAN 200 SEMBAKO DAN GELAR AKSI TANAM 1.000 POHON UNTUK WARGA GUNUNG KIDUL

  • Senin 22 Agustus 2022 , 08:58
  • Oleh : Dewi
  • 1640
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPN V YK)  menggelar bakti sosial menyalurkan  sembako serta gelar aksi penanaman 1.000 pohon untuk penghijauan di lahan kosong milik UPN Veteran Yogyakarta yang berlokasi di Pancarejo Semanu Gunungkidul, Minggu 21 Agustus 2022.

Kegiatan ini diprakarsai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), alumni serta mahasiswa baru gugus 35 yang terpilih sebagai gugus terbaik oleh tim panitia PKK BN 2022 UPN Veteran Yogyakarta yang bekerja sama dengan  Bupati Gunung Kidul. Kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat untuk lingkungan maupun masyarakat setempat.

Dr. Hendro Wijanarko, M.Si  selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat  UPN “Veteran” Yogyakarta menyampaikan Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Yogyakarta bagikan sejumlah bantuan untuk 200 warga desa pancarejo, gunungkidul. bantuan tersebut tak hanya pemberian sembako, tetapi juga aksi penanaman untuk penghijauan di lahan kosong milik upnvy yang ada di gunungkidul.

"UPN Veteran Yogyakarta ingin mengenalkan kepada mahasiswa baru terhadap semua lokasi upn salah satunya ada di gunungkidul ini, rencananya akan dipakai untuk laboratorium alam. setelah itu, kegiatan yang akan dilakukan mahasiswa adalah melakukan penghijauan dengan menanamkan tanaman seribu pohon," kata ketua lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat (lppm) upnvy, hendro wijanarko di sela pemberian bansos, minggu (21/8/2022).

Aksi bansos ini melibatkan mahasiswa baru yang terpilih sebagai gugus terbaik selama PKKBN sebanyak 80 orang dan sejumlah Ikatan Alumni (IA) UPNVY. Hendro berharap dengan adanya kerjasama dan sinergitas yang diberikan oleh kampus UPNVY dapat membantu warga Gunungkidul khususnya di Desa Pancarejo.

"Keberadaan kampus UPN tidak hanya dinikmati atau dimanfaatkan oleh civitas akademika saja, tetapi harus bisa dirasakan oleh masyarakat sekitar," ungkap Hendro.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kelurahan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Gunungkidul, Sujarwo menyambut baik kehadiran UPNVY tersebut.

Sujarwo menilai, program penanaman seribu tanaman yang digalakan dari sekarang akan memberikan dampak besar di waktu mendatang dan menjadi aset sumber daya alam di wilayah tersebut.

"Upaya untuk penanaman seribu tanaman, lahan ini lahan relatif tandus, tanpa adanya reboisasi, tanpa adanya penghutanan kembali, tanah ini tidak bisa menjadi subur, termasuk untuk penyimpanan air bersih. Jadi program ini luar biasa sekali. Besok bisa disesuaikan dengan musim tanam sehingga hasilnya akan lebih maksimal," kata Sujarwo.

Sujarwo juga mengucapkan terimakasih atas kepedulian UPNVY kepada warga sekitar dengan pemberian bantuan sosial ini. Ia berharap, kedepan UPNVY juga memiliki program pembangunan di Pancarejo yang dapat menunjang kesejahteraan dan perekonomian masyarakat sekitar.

"Perencanaan pembangunan baik untuk pusat penelitian dan pengembangan, syukur itu perkembangan kampus di daerah ini. Jadi tidak semata-mata kepentingan UPN tapi ini sangat berdampak positif untuk perkembangan di daerah kami, kami sangat berharap." ucap Sujarwo.

Lebih lanjut, Ruri Oktavira selaku Ketua Ikatan Alumni UPNVY mengatakan bansos ini merupakan hasil dari penggalangan dana berbagai alumni dan juga pihak kampus.

"Salah satu programnya adalah bansos sosial, kita mengumpulkan dari teman teman alumni. Kebetulan dibarengkan dengan agenda dari PKKBN, rangkaian mahasiswa baru, dari rangkaian itu kita menggaet dari mahasiswa baru yang dimana adalah gugus terbaik selama PKKBN." Pungkasnya.