UPNYK Gelar Lomba Debat Bahasa Inggris bagi Siswa/Siswi se-DIY dalam Rangka Perayaan Dies Natalis Ke-65

  • Sabtu 11 November 2023 , 10:41
  • Oleh : Dewi
  • 2824
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

INFOUPNYK-Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNYK) menggelar berbagai rangkaian kegiatan dalam rangka perayaan Dies Natalis Ke-65, termasuk berbagai kegiatan lomba berhadiah jutaan rupiah. Salah satu lomba yang akan digelar adalah English Debate Competition dengan tema 'Realizing the Value of National Defense through Food Security'.

Ketua Pelaksana Kegiatan Dies Natalis UPN Veteran Yogyakarta Ke-65, Dr. Bambang Supriyanta, SP,MP mengatakan lomba ini bisa diikuti oleh siswa/siswi SMA/SMK/MA se-DIY. Dia mengatakan registrasi lomba telah dibuka pada 10 November 2023 dan akan berakhir pada 28 November 2023 mendatang.

Menurutnya tema debat ini sangat menarik. Di mana ketahanan sebuah negara salah satunya diwujudkan melalui ketahan pangan. Sebuah negara bisa bermasalah jika ketahanan pangannya tidak kuat.

Sebab tanpa ketahanan pangan peran dan fungsi lainnya tidak akan berjalan dengan maksimal. Ini menjadi tema yang menarik didebatkan dalam bahasa inggris dalam lomba Dies Natalis Ke-65 UPNYK.

"Kami menggelar English Debate Competition dengan tema 'Realizing the Value of National Defense through Food Security' bagi siswa-siswi SMA/SMK/MA di DIY. Pastikan bisa menjadi salah satu bagian kemeriahan lomba ini, jangan sampai terlewat," ucapnya, Jumat (10/11/2023).

Menjaga ketahan pangan artinya mampu menjaga kehidupan negara hingga masa depan. Indonesia merupakan negara agraris yang kaya akan sumber pangan. Tanahnya subur dan sumber pangannya bervariasi.

Melalui kesempatan ini adik-adik siswa/siswi di DIY bisa belajar tentang ketahanan pangan di Indonesia hingga mengenal berbagai jenis tanaman pangan di Indonesia. Pangan tidak hanya isu yang dibahas di tataran nasional, namun ini menjadi isu yang banyak dibahas juga ditingkat global.

"Kestabilan suatu negara salah satunya ditentukan oleh ketahanan pangannya. Seperti apa kemampuan negara dalam memenuhi kebutuhan pangan rakyatnya," lanjutnya.

Sebagai kampus Bela Negara, tentu saja tema yang diangkat dalam debat akan dikaitkan dengan nilai-nilai Bela Negara. Mewujudkan nilai Bela Negara melalui ketahanan pangan menuju Indonesia Emas.

- Ketentuan Peserta Lomba Debat Bahasa Inggris:
1. Siswa/siswi SMA/MA/SMK se-DIY
2. Satu sekolah bisa mengirim sampai 4 tim terdiri dari 3 siswa/siswi
3. Aturan dan regulasi dari kompetisi ini bisa diakses melalui laman https://bit.ly/RnREDCUPNYK

- Hadiah:
1. Juara I  : Rp2.000.000 + tropi + sertifikat
2. Juara II : Rp1.000.000 + tropi + sertifikat
3. Pembicara terbaik : Rp500.000 + sertifikat

Youtube @infoupnyk
Istagram @infoupnyk
Tiktok @upnyk.official