Dukung Program PKM-K, Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi adakan Market Day 2023

  • Rabu 13 Desember 2023 , 12:04
  • Oleh : Admin
  • 1012
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
Deretan tenant usaha dari peserta Market Day 2023. Sumber: HM HUMAS UPNVYK
INFOUPNYK - Market Day 2023 kembali digelar di Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNYK) pada hari Jumat (9/12/2023) di Lapangan Basket Kampus II UPNYK. Kegiatan ini menjadi panggung bagi mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi tahun angkatan 2022 untuk mengaplikasikan ilmu berwirausaha yang mereka peroleh selama satu semester belajar mata kuliah Kewirausahaan. Program kerja dari Divisi Kewirausahaan Himpunan Mahasiswa Hubungan Masyarakat UPNYK (HM HUMAS UPNVYK), kegiatan ini ditujukan untuk mendorong mahasiswa agar tertarik mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K).
 
Peserta Market Day 2023 adalah seluruh mahasiswa Prodi Hubungan Masyarakat dan Prodi Ilmu Komunikasi angkatan 2022. Berbeda dengan tahun sebelumnya, peserta diberi pemantik melalui kegiatan webinar sebelum kegiatan Market Day diselenggarakan. Webinar ini melibatkan narasumber dari pelaku wirausaha, termasuk mahasiswa berprestasi dalam bidang kewirausahaan.
 
Dalam wawancara dengan peserta, Dion, ia membagikan pengalamannya mengenai perjalanan panjang dari pembelajaran hingga implementasi nyata dalam Market Day. "Bagi saya dan teman-teman Hubungan Masyarakat 2022, Market Day adalah bentuk implementasi secara nyata mengenai ilmu berwirausaha yang kami dapatkan selama satu semester belajar Mata Kuliah Kewirusahaan," ujar Dion setelah kegiatan.
 
Dalam kegiatan ini, mahasiswa terlibat dalam satu kelompok untuk menggarap usaha yang diharapkan dapat berkelanjutan. Dion mengakui bahwa meskipun tidak mudah, pengalaman tersebut memberikan pemahaman mendalam tentang berkolaborasi dan bersinergi dalam membentuk sebuah unit usaha.
 
Wawancara dengan Titis Roro, salah satu panitia Market Day 2023, mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara HM HUMAS UPNVYK dengan dosen mata kuliah kewirausahaan dari Prodi Humas dan Prodi Ilmu Komunikasi. Tujuannya memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa Ilmu Komunikasi dan Hubungan Masyarakat angkatan 2022 dalam berwirausaha.
 
"Mahasiswa dapat merasakan terjun langsung bagaimana menjualkan produk mereka agar laris manis dan bagaimana cara mereka menggait konsumen untuk membeli produk mereka," ungkap Titis Roro. 
 
Terkait hal menarik selama kegiatan berlangsung, Titis menyoroti dua poin utama. Pertama, adanya penghargaan dengan lima kategori dan hadiah uang sebagai bentuk apresiasi terhadap kreativitas, inovasi produk, promosi di media sosial, dan keberhasilan dalam penjualan. Kedua, Market Day ini terbuka untuk umum, memungkinkan dosen dan mahasiswa dari jurusan lain untuk membeli produk yang ditawarkan.
 
Titis Roro juga menekankan bahwa Market Day 2023 diharapkan menjadi pijakan awal bagi mahasiswa angkatan 2022 untuk terus mengembangkan usaha mereka. 
 
"Harapannya, kegiatan ini tidak hanya berhenti pada Market Day, melainkan juga mendorong mahasiswa untuk mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K) guna memajukan nama Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPNYK dalam kompetisi PKM-K," pungkasnya. 
 
Diharapkan keberhasilan mahasiswa dalam Market Day dapat memberikan dampak positif dalam pengembangan wirausaha dan prestasi akademik di UPNYK.
 
 
Penulis: Dimas Siradje